JAKARTA, Kabar Selebes – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berhasil mencatat peningkatan lalu lintas data pelanggan selama periode libur Tahun Baru 2025. Dengan dukungan lebih dari 190 ribu BTS 4G dan 103 BTS 5G yang tersebar di seluruh Indonesia, IOH terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan pengalaman digital yang optimal, atau disebut “marvelous experience,” bagi pelanggan di momen liburan.
Vikram Sinha, President Director dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Indosat terus berkomitmen dalam menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan, termasuk saat momentum penting seperti pergantian tahun. Dengan dukungan teknologi terkini dan kesiapan sumber daya manusia, kami berupaya mewujudkan visi menjadi layanan telekomunikasi digital pilihan utama di Indonesia.”
Selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berlangsung dari 22 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, puncak lalu lintas data nasional tercatat pada 1 Januari 2025, dengan peningkatan lebih dari 10% dibandingkan hari biasa. Beberapa kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi meliputi:
- Sumatra: Kota Baturaja, Kota Palembang, dan Kota Siantar Sidempuan
- Kalimantan: Kota Sintang, Kota Singkawang, dan Kota Sampit
- Sulawesi: Kota Gowa, Kota Palu, dan Kota Parepare
Selain itu, wilayah Jabotabek, Jawa, dan Bali-Nusra juga mencatat peningkatan signifikan. Layanan digital yang paling populer selama periode ini adalah WhatsApp, TikTok, Instagram, YouTube, dan Facebook.
Indosat memastikan jaringan tetap optimal melalui pemantauan intensif selama 24 jam sehari di Digital Intelligence Operations Center (DIOC). DIOC menggunakan teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan sistem otomatisasi untuk memantau serta menjaga kualitas jaringan secara real-time. Berkat pendekatan proaktif ini, tingkat keluhan pelanggan berhasil ditekan hingga 36% dibandingkan hari biasa.
Selama periode Nataru, IOH juga memanfaatkan AI untuk mengelola lalu lintas data yang padat dan menjaga kualitas jaringan agar pelanggan tetap nyaman menikmati momen liburan.
Dengan visi mendukung transformasi digital bangsa, IOH terus memperkuat jaringan dan berinovasi untuk memberdayakan masyarakat Indonesia. “Kami percaya bahwa konektivitas yang andal merupakan bukti komitmen kami untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Vikram Sinha.**