Tutup
Pilkada

Kampanye di Tolai, Cawagub Sulaiman Agusto Sebut Sektor Pertanian dan Perkebunan Sebagai Peran Penyangga IKN

×

Kampanye di Tolai, Cawagub Sulaiman Agusto Sebut Sektor Pertanian dan Perkebunan Sebagai Peran Penyangga IKN

Sebarkan artikel ini
Foto Tim Humas Sangganipa

PARIMO, Kabar Selebes – Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Mayor Jendral TNI (Purn) Sulaiman Agusto Hambuako SIP MM yang berpasangan dengan Rusdy Mastura sebagai Calon Gubernur saat di depan warga mengatakan sektor potensial bernilai tambah untuk mendukung arah pengembangan Provinsi Sulawesi Tengah adalah komoditas pertanian dan perkebunan salah satunya adalah durian montong Parigi.

”Durian montong yang dikembangkan di Parigi Moutong dulunya dikirim melalui negara Thailand, di Kepemimpinan Rusdy Mastura sesungguhnya durian Montong berasal dari Sulteng. Karena itu, kami ingin mengembalikan, kami bangun kembali, dan kita akan ekspor dari sini langsung ke China,” ujarnya saat kampanye terbatas di Desa Tolai, Parigi Moutong, Minggu (29/9).

Advertising

Upaya pengembangan pertanian di Sulawesi Tengah terus dilakukan untuk mendukung IKN. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat untuk menjadikan Sulteng sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Dengan berbagai program dan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah, diharapkan kabupaten-kabupaten di Sulteng dapat menjadi penyangga pangan IKN yang handal dan berkelanjutan.

Bukan hanya itu, menurut Cawagub, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menunjukkan kinerja positif di masa kepempinan Rusdy Mastura dan diakui di tingkat pusat yakni Progres pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah mencapai 11,91% pada tahun 2023, jauh di atas rata-rata nasional (5,05%) denganPendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Sulawesi Tengah melonjak dari Rp 900 miliar menjadi Rp2,2 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2024.

Di sesi tanya jawab, warga Parigi Moutong yang bermukim di Desa Balinggi menanyakan tentang penanggulangan banjir dan butuh perhatian khusus dari Pemerintahan Provinsi Sulteng.

Masyarakat Parigi Moutong memiliki harapan dibangunnya infrastruktur yang memadai seperti waduk maupun kanal drainase yang baik untuk mencegah bencana banjir kembali terulang. Sebab, diketahui, wilayah tersebut merupakan wilayah langganan banjir.

“Untuk itu, masyarakat di wilayah langganan banjir sangat berharap pemerintah tidak hanya membantu memulihkan situasi tetapi juga membangun infrastruktur sebagai solusi untuk mencegah banjir,” ujarnya.

Sementara itu, Muharram Nurdin selaku juru kampanye pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Rusdy Mastura – Sulaiman Agusto saat di depan warga menekankan pentingnya sektor pertanian bagi Kabupaten Parigi Moutong, khususnya dalam menyongsong peran sebagai salah satu penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di masa mendatang.

“Kita daerah yang mendapatkan manfaat terdekat dari IKN, dengan optimalisasi sarana produksi pertanian hasil produksi akan meningkat. Sulteng memiliki lahan yang subur dan iklim yang mendukung untuk pengembangan sektor perkebunan dan pertanian.Kita bisa mengirimkan hasil pertanian dan perkebunan kita dengan cepat,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Tengah itu.

Dengan jarak Sulawesi Tengah yang dekat dengan IKN, yaitu kurang lebih delapan jam perjalanan kapal ferry, menjadi keuntungan bagi kabupaten-kabupaten di Sulteng sebagai penyuplai bahan pangan bagi IKN, jika dibandingkan daerah lainnya yang tentunya dari segi cost atau biaya lebih besar.

Diketahui, pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur nomor urut 3, Rusdy Mastura dan Sulaiman Agusto Hambuako yang diusung Partai PDI Perjuangan dan Partai Hanura serta di dukung oleh Partai Buruh, Partai Umat dan Partai Garuda.

Pasangan ini mengusung bertagline SANGGANIPA dengan Visi Sulteng 2025-2029 Transformasi Sulawesi Tengah Senagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Timur Indonesia yang Maju dan Berkelanjutan Menuju Sulawesi Tengah Emas.(*)

Silakan komentar Anda Disini….