Tutup
Pilkada

Upaya KPU Palu Tingkatkan Partisipasi Pemilih Melalui Mobil Pintar Pemilu

×

Upaya KPU Palu Tingkatkan Partisipasi Pemilih Melalui Mobil Pintar Pemilu

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU RI Arief Budiman, menguji fasilitas Mobol Pintar Pemilu, usai diresmikan pengoperasiannya, Jumat (7/2/2020) Foto: Sobirin

PALU, Kabar Selebes – Upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kota Palu pada pemilihan Kepala Daerah serentak 2020. Salah satunya melalui Mobil Pintar Pemilu (MPP), yang pengoperasian diresmi langsung Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman, di halaman Kantor KPU Kota Palu, Jumat (7/2/2020).

Mobil pintar pemilu milik KPU Palu itu akan digunakan untuk menyosialisasikan tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah tahun yang akan dilaksanakan September 2020 nanti.

Advertising

“Strategi mobil pintar pemilu ini masih belum banyak yang menggunakan untuk sosialisasi tahapan pemilu. Patut kita apresiasi, semoga partisipasi pemilih meningkat,” katanya.

Menurutnya, ada dua metode sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Pertama mendatangi para pemilih atau mengundang langsung mereka untuk menghadiri serta mengikuti kegiatan tahapan pilkada.

Sehingga, keberadaan MPP diharapkan dapat di maksimal oleh pihal KPU Palu. Terkhusus seluruh fasilitas dalam mobil tersebut.

“Semoga mobil ini bisa dimanfaatkan selama tahapan. Jangan setelah saya resmikan malah mogok,”pesannya.

Sementara, Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid, menjelaskan. Mobil itu nantinya akan digunakan untuk menyasar tempat keramaian sebagai lokasi memberikan pendidikan Pemilu dan sosialisasi mengenai tahapan Pilkada, terkhusus pemilih pemula.

“Seperti ke warkop-warkop. Mobil Pintar Pemilu ini akan dilengkapi dengan proyektor digital, jadi bahan sosialisasi tahapan pemilihan dan pendidikan pemilih akan ditayangkan di proyektor saat sosialisasi berlangsung,” tegasnya.

Silakan komentar Anda Disini….