Tutup
Sulawesi Tengah

Sebatang Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah di Sigi Jadi Objek Wisata Warga

×

Sebatang Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah di Sigi Jadi Objek Wisata Warga

Sebarkan artikel ini
Kamilin, pemilik pohon kurma di Sigi.(Foto: Mita)

PALU, Kabar Selebes – Pohon kurma dikenal hanya bisa tumbuh di daerah yang kering dan panas, serta mengandung pasir agar bisa tumbuh subur.

Hal tersebut karena tanaman kurma termasuk dalam jenis pohon palem. Itulah sebabnya pohon kurma banyak ditemukan di kawasan Afrika dan Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Mesir dan Irak.

Advertising

Sedangkan di Indonesia sendiri, dikenal lima daerah tempat tumbuh pohon kurma, yakni di Nusa Tenggara Barat (NTB), Magetan, Jawa Timur, Tasikmalaya, Ciamis dan Bekasi, Jawa Barat.

Nah, yang menarik adanya sebatang pohon kurma yang tumbuh di halaman rumah warga di Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Dan Ramadan kali ini, pohon tersebut berbuah lebat meski diakui pemiliknya, buah kurma itu sebenarnya belum cocok untuk dikonsumsi.

“Kalau rasanya ini sepet, pakat, manis. Manisnya 50 persen, sepetnya 25 persen dan pakatnya 25 persen. Jadi kalau dikonsumsi untuk buah belum bisa. Banyak orang yang kemari itu untuk minta di bikin promil, program hamil. Saya ambilkan mudah-mudahan berkah,” ujar Kamilin, pemilik pohon kurma, Kamis (30/3/23).

Bagi Kamilin, pohon tersebut dianggap sebagai rezeki karena saat ini rumah mereka ramai didatangi orang.

Silakan komentar Anda Disini….