Tutup
PilihanSulawesi Tengah

Tanggap Darurat, Pemda Sigi Siapkan Alat Berat di Sejumlah Titik Rawan Banjir

×

Tanggap Darurat, Pemda Sigi Siapkan Alat Berat di Sejumlah Titik Rawan Banjir

Sebarkan artikel ini

SIGI, Kabar Selebes – Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir kembali menyebabkan banjir di sejumlah titik rawan banjir di wilayah Kabupaten Sigi. Menyikapi hal tersebut, Bupati Sigi Mohamad Irwan terjun langsung ke lokasi bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sigi untuk meninjau langsung Senin (27/4/2020).

Pemerintah daerah langsung menurunkan alat berat mesin pengeruk (ekskavator) di beberapa titik seperti Desa Omu, Desa Tuva dan Desa Poi. Pemkab Sigi juga berencana membangun jalan alternatif yang bisa dilalui oleh masyarakat apabila musim hujan tiba yang merusak jalan utama akibat banjir.

Advertising

Sebelumnya, banjir bandang menimpa Desa Omu Minggu (26/4/2020). Berdasarkan laporan Kepala Desa Omu, Wasdianto banjir mulai terjadi sekitar pukul 19.30 WITA dan menerjang pemukiman warga.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut banjir ini, namun sejumlah rumah warga rusak dan harus mengungsi. Pemerintah desa bersama dengan pemerintah daerah telah membuat posko di balai pertemuan desa, dan sejumlah bantuan juga telah diberikan oleh BPBD Sigi serta sejumlah pihak lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi banjir susulan, Dinas PUPR Kabupaten Sigi telah menyiagakan alat berat ekskavator di sejumlah titik, di antaranya Desa Poi (Dolo Selatan), wilayah Kulawi Selatan dan wilayah Sibalaya.

Bupati Sigi muhamad Irwan menyampaikan meski dalam situasi pandemi covid-19, namun pihaknya akan cepat dan tanggap dalam menghadapi keadaan seperti ini.

“Walau dalam kondisi pandemi COVID-19, dan masih banyak kekurangan,  tapi Pemda Sigi harus cepat dalam menangani keadaan seperti ini,” tandasnya.(abd/are)

Laporan : Arfiah Efendi

Silakan komentar Anda Disini….