Tutup
Sulawesi Tengah

PT IMIP Tegaskan Kabar Awak Kapal Terjangkit Monkeypox di Kawasan Industri IMIP Adalah Hoax

×

PT IMIP Tegaskan Kabar Awak Kapal Terjangkit Monkeypox di Kawasan Industri IMIP Adalah Hoax

Sebarkan artikel ini

MOROWALI, Kabar Selebes – Beredar narasi di media sosial bahwa seorang awak kapal Global Harvest, yang sandar di jetty Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), diduga terjangkit virus cacar monyet (monkeypox), Rabu (4/9/2024). 

Dalam narasi tersebut, disebutkan bahwa aktivitas jetty telah dihentikan, serta dilakukan evakuasi dan karantina terhadap awak kapal. Namun, PT IMIP menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax.

Advertising

Pernyataan ini disampaikan oleh Head of Media Relations Department PT IMIP, Dedy Kurniawan, pada Kamis (5/9/2024). 

Dedy menjelaskan bahwa gambar atau foto yang beredar di media sosial, yang diduga menampilkan awak kapal terjangkit virus cacar monyet, sebenarnya merupakan ilustrasi dari berita salah satu media online. 

Berita tersebut berjudul “Viral Kembali Berita Cacar Monyet alias Monkeypox, Berikut Sejarah, Data, dan Pencegahan di Dunia dan Indonesia.”

Dedy juga menambahkan bahwa gambar yang memperlihatkan beberapa petugas menggunakan baju hazmat sedang menaiki kapal merupakan bagian dari prosedur screening rutin yang dilakukan terhadap kapal-kapal luar yang masuk maupun keluar di jetty Kawasan IMIP. 

Prosedur ini merupakan bagian dari SOP Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan tidak ada kaitannya dengan kasus cacar monyet.

“Kami tegaskan bahwa informasi itu hoax. Aktivitas bongkar muat di jetty Kawasan IMIP berjalan normal seperti biasanya dan tidak terganggu,” tegas Dedy.

PT IMIP juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya pada informasi yang beredar di media sosial tanpa sumber yang jelas dan terpercaya. (*)

Silakan komentar Anda Disini….