Tutup
Ekonomi

Gandeng AFPI, Angga Wira Berikan Alternatif Pendanaan untuk Anggota HIPMI Sulteng

×

Gandeng AFPI, Angga Wira Berikan Alternatif Pendanaan untuk Anggota HIPMI Sulteng

Sebarkan artikel ini
Ketua Bidang 2 Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Angga Wira, berkunjung ke BPD HIPMI Sulteng, Rabu (27/7/2022).

PALU, Kabar Selebes – Ketua Bidang 2 Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Angga Wira, berkunjung ke BPD HIPMI Sulteng, Rabu (27/7/2022).

Angga Wira yang disebut-sebut akan maju sebagai calon ketua umum BPP HIPMI ini, menggandeng Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) untuk menyapa pengusaha muda di Sulteng dalam acara bertajuk “Peluang Bisnis dan Pembiayaan Produktif untuk Pengusaha Muda Bersama Bidang Keuangan dan Perbankan (bidang 2) BPP HIPMI” yang dilaksanakan di Villa Padanjese kota Palu.

Advertising

Kedatangan Angga Wira ini berhubungan dengan upaya HIPMI untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan jumlah pelaku usaha di Indonesia pasca pandemi Indonesia.

Upaya ini HIPMI lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga menyerap tenaga kerja produktif yang melimpah di Sulawesi Tengah.

Menurut data AFPI, tantangan dalam meningkatkan jumlah dan kualitas pelaku di Indonesia dapat terlihat dari jumlah UMKM yang belum memiliki akses kepada kredit modal yang saat ini jumlahnya UMKM di Sulteng Sangat Tinggi.

Ketimpangan terhadap akses permodalan ini menyebabkan terhambatnya pertumbuhan pengusaha muda.

Bidang 2 Keuangan dan Perbankan Badan Pengurus Pusat BPP HIPMI  melihat situasi ini sebagai peluang untuk mengadakan kegiatan Business Opportunity kepada pengusaha muda.

Menurut Angga Wira, kegiatan ini dilakukan untuk menghadirkan peluang kolaborasi baru bagi pengusaha muda ini. Dimana sebelumnya telah dilakukan ke beberapa kota di Indonesia.

“Kegiatan hari ini merupakan langkah nyata antara HIPMI dan AFPI, untuk mendukung pertumbuhan pelaku UMKM yang akan memanfaatkan FinTech untuk mengembangkan usahanya. Hari ini kita juga ajak rekan-rekan lain yang bisa UMKM Sulteng manfaatkan untuk mengembangkan usahanya,” ungkap Angga Wira dalam sambutannya.

Pengusaha sukses yang juga merupakan ketua umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral dan Batubara ini menambahkan, HIPMI sebagai organisasi juga punya peran strategis untuk kemajuan perekonomian daerah Sulteng sehingga pengusaha muda Sulteng harus terus tumbuh.

“Kami berharap setelah acara ini ada kerjasama konkrit agar para wirausahawan muda Sulteng semakin maju hingga kancah nasional dan internasional. Setelahnya kami juga ingin agar program yang membangun ekosistem usaha ini terus dilakukan di HIPMI,” lanjut Angga Wira.

Dia menyebut, pihak lain untuk tidak hanya melihat HIPMI sebagai sekumpulan anak muda yang ekslusif, tapi lebih dari pada inklusif yang bisa dan mampu menggerakkan potensi di daerah.

“Alhamdulillah kita punya tim, mudah-mudahan BPD Sulteng dapat memberikan rekomendasi ke saya untuk maju, bukan hanya tim pendukung tetapi pengusung, namun kita serahkan sepenuhnya karena ada mekanisme internal yang harus dibahas,” kata Angga sekaligus menyatakan bahwa ia sangat optimis memenangkan pencalonan menjadi Ketua umum BPP HIPMI.

Ketua Umum BPD HIPMI Sulteng Nadir Bajamal menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan serta langkah konkrit Bidang 2 BPP HIPMI, terkhusus untuk Ketua Bidang 2 BPP HIPMI, Anggawira yang hadir dengan program di Sulteng untuk membukakan jalan agar pengusaha muda Sulteng bisa naik kelas.

“Kami di HIPMI Sulteng mendorong para pengusaha muda bisa memperoleh kemudahan mendapatkan permodalan. Pasalnya modal jadi faktor utama pertumbuhan usaha. Semoga kegiatan ini bisa membantu pengusaha muda di Sulteng,” ujar Nadir Bajamal.

Ketua Bidang BPD HIPMI Sulteng, Fahad Abubakar Balcher SE menyatakan rasa terima kasihnya kepada Ketua Bidang 2 BPP HIPMI Angga Wira yang meluangkan waktunya hadir di Kota Palu.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ketua Ketua Bidang 2 BPP HIPMI Angga Wira dengan mengadakan program-program yang sangat membantu buat pengusaha muda dengan langsung turun ke daerah-daerah,” kata Fahad.

Menurut dia, pengusaha muda di Sulteng memiliki banyak potensi dan peluang. Namun sayangnya hal itu belum sebanding dengan akses permodalan yang ada saat ini.

“Provinsi Sulawesi Tengah ini dikenal sebagai provinsi yang kaya, oleh karena itu pengusaha mudanya juga sangat kreatif, peluang dari acara ini harus bisa dimanfaatkan oleh pengusaha muda Sulteng agar semakin maju,” ujar Fahad.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….