Tutup
Sulawesi Tengah

Dinas PMD Sulteng Mulai Evaluasi Perkembangan Desa

×

Dinas PMD Sulteng Mulai Evaluasi Perkembangan Desa

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulawesi Tengah, mulai melakukan evaluasi terhadap perkembangan desa dan kelurahan di provinsi tersebut.

Evaluasi sendiri dilakukan dengan beberapa tahapan/langkah di antaranya, lewat rapat koordinasi evaluasi dan lomba desa.

Advertising

“Hasil evaluasi inilah yang menginformasikan kepada kita semua mengenai kemajuan desa yang bersangkutan,” ucap Kepala Dinas PMD Sulteng, Zubair di Palu, Rabu (18/03/2020).

Ia menerangkan, mengembangkan desa dan kelurahan, harus diawali dengan membangun persamaan pemahaman dan presepsi yang sama tentang antarsemua pihak baik pemerintah dan desa.

“Rakor tersebut untuk mengidentifikasi masalah-masalah atau kendala-kendala yang ada di lapangan,” kata Zubair.

Dengan begitu, masalah dan tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan desa dapat teridentifikasi, kemudian diikutkan dengan solusi terhadap penyelesaian masalah tersebut.

Hal itu untuk mendongkrak upaya menuju desa yang kuat, mandiri dan berdaya saing yang diperlukan keseriusan semua pihak untuk bekerja secara optimal, dengan mengaplikasikan kebijakan yang telah tersusun.

Langkah evaluasi lainnya adalah melalui lomba desa, dengan tujuan mendorong dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya serta usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri.

“Lomba desa merupakan media pendorong bagi saudara-saudara kita di desa. melalui lomba desa terlihat kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan. hal ini dapat terlihat karena sebelum mengikuti lomba desa harus terlebih dahulu melalui tahapan evaluasi diri di desa dan kelurahan masing-masing,” sebutnya.

Lomba desa di rencanakan akan dilaksanakan untuk tingkat kecamatan pada April 2020, tingkat kabupaten direncanakan pada bulan Mei, dan tingkat provinsi pada Juni 2020. Selanjutnya, tingkat regional bulan Juli dan tingkat nasional pada Agustus.

Dalam evaluasi sendiri, melibatkan 36 peserta dari Dinas PMD tingkat kabupaten/kota di Sulteng.(Sobirin)

Silakan komentar Anda Disini….