Tutup
EkonomiNasional

Bukalapak Giatkan Belajar Ngelapak di Palu

×

Bukalapak Giatkan Belajar Ngelapak di Palu

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Komunitas Bukalapak terus berupaya memberikan program-program terbaik sarat akan manfaat kepada anggotanya. Program Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK) yang merupakan salah satu program unggulan Komunitas Bukalapak, kembali diadakan pada tahun ini.

Advertising

Hari ini rangkaian program BNBK digelar di Kota Palu, kota yang dikenal dengan produksi bawang gorengnya. Palu dipilih berdasarkan pada adanya potensi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di sini, sesuai dengan misi dari Bukalapak yaitu memberdayakan UKM di seluruh penjuru Indonesia. Program BNBK di Palu dilaksanakan mulai tanggal 14 hingga 15 Juli 2018.

BNBK yang dirancang dan dieksekusi oleh Komunitas Bukalapak ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. BNBK bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta tentang berbisnis secara online di Bukalapak dan meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka tersebut.

Pendampingan juga akan diberikan untuk memastikan perkembangan bisnis dari para peserta. Selain bertujuan untuk memberikan edukasi, BNBK merupakan ruang yang diberikan oleh Bukalapak kepada komunitas untuk berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan di komunitasnya masing-masing.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak, mengatakan program BNBK sudah dimulai sejak awal Mei lalu dan hari ini kami menggelarnya di Kota Palu.

“Kami melihat antusiasme dan semangat yang tinggi untuk menjadi pebisnis online dari para peserta yang terdiri dari masyarakat umum setempat baik yang sudah terjun menjadi pelaku UKM ataupun mereka yang baru ingin memulai berbisnis. Lebih dari itu, kami bangga akan semangat dan antusiasme yang luar biasa dari masing-masing komunitas dalam merancang, menyiapkan, dan menjalankan BNBK di kota mereka,” kata Fikry.

Program BNBK memberikan berbagai materi dan bimbingan kepada para peserta. Pada kesempatan kali ini, salah seorang Ranger Komunitas Bukalapak Jakarta, yaitu Om Amin, hadir memberikan materi untuk para peserta. Tim dari divisi lainnya di Bukalapak juga turut serta memberikan wawasan kepada peserta seperti materi tentang Service Excellent yang diberikan oleh tim Customer Satisfaction.

Materi yang diberikan pada hari pertama adalah pengenalan tentang Bukalapak sebagai online marketplace yang bisa membantu bisnis para peserta agar lebih maksimal, hingga cara mengoptimalisasi pemasaran barang jualan di Bukalapak.

Para peserta juga diperkenalkan tentang Komunitas Bukalapak, sebagai wadah bagi para pelapak untuk saling bertukar pengalaman mengoptimalkan bisnis online mereka.

Pada hari kedua, Komunitas Bukalapak Palu mengadakan workshop bedah lapak dan bedah produk. Pada kesempatan ini, peserta diberikan kesempatan untuk menggali wawasan mengenai teknik pengambilan foto produk dan menulis deskripsi barang yang baik dan benar. Materi tentang keamanan berjualan di Bukalapak juga diberikan kepada para peserta.

Muhammad Fikri menambahkan bahwa rangkaian program BNBK di Palu ini mendapatkan dukungan dari mitra Bukalapak, yaitu JNE. Sebagai mitra logistik, JNE memberikan wawasan mengenai jasa layanan pengiriman yang bisa dimanfaatkan oleh para pelapak Bukalapak.

Mayland Hendar Prasetyo, Head of Marketing Communication Division JNE, mengatakan salah satu aspek penting dalam berjualan online adalah jalur distribusi yang efisien dan aman. JNE hadir di tengah-tengah para pelapak Bukalapak se-Indonesia untuk membantu mengoptimalkan usahanya.

“Kami berharap dengan berlimpahnya fitur yang ditawarkan oleh JNE dapat memaksimalkan para pelapak dalam memajukan bisnisnya,” kata Mayland.

Komunitas Bukalapak merupakan sarana bagi para pelapak Bukalapak untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman berbisnis online di Bukalapak dan sudah tersebar di lebih dari 100 kota di Indonesia. Komunitas Bukalapak Palu sudah terbentuk sejak 2016 lalu dan terus aktif mengadakan kegiatan bermanfaat untuk menambah kapasitas dan produktivitas anggotanya.

“Harapannya dengan adanya program BNBK ini akan semakin meningkatkan semangat para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya secara online. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari mitra Bukalapak, yaitu JNE, yang tentunya akan bermanfaat untuk optimalisasi bisnis online para pelapak. Hal ini sejalan dengan konsep gotong royong dan kolaborasi yang kami miliki di Bukalapak,” tutup Muhammad Fikri.

Bukalapak merupakan pasar online terbesar di Indonesia. Bukalapak adalah sarana jual beli online dari konsumen ke konsumen (C2C) untuk transaksi satuan maupun dalam jumlah banyak melalui aplikasi mobile dan website.

Di 2016 lalu, Bukalapak menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai bentuk penghargaan Negara atas jasa dan darma bakti kepada bangsa dan Negara sehingga bisa dijadikan teladan bagi orang lain. Saat ini Bukalapak memiliki lebih dari tiga juta pelapak di seluruh Indonesia.(***/ptr)

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak. Foto Dok Bukalapak.

Silakan komentar Anda Disini….