Tutup
Pilkada

Pengangguran Tertinggi di Sulawesi Tengah Berada di Palu, Nilam Sari Lawira: Program UMKM Calon Walikota Wartawabone Jadi Solusi

×

Pengangguran Tertinggi di Sulawesi Tengah Berada di Palu, Nilam Sari Lawira: Program UMKM Calon Walikota Wartawabone Jadi Solusi

Sebarkan artikel ini
Ketua DPW Partai Nasdem Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira, bersama Calon Walikota Palu MUhammad J. Wartabone saat kampanye di Lolu Utara

PALU, Kabar Selebes – Ketua DPW Partai Nasdem Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira, mengungkapkan keprihatinannya terhadap tingginya angka pengangguran di Kota Palu, yang menurut data adalah yang tertinggi di Sulawesi Tengah.

Hal ini disampaikannya di hadapan ratusan masyarakat Lolu Utara dalam pertemuan pada Jumat malam. Dalam kesempatan itu, Nilam menekankan pentingnya program revitalisasi UMKM yang diusung oleh calon wali kota nomor urut 3, Wartabone, sebagai salah satu solusi untuk menekan angka pengangguran.

Advertising

“Saya mendapatkan data bahwa pengangguran tertinggi di Sulawesi Tengah ada di Kota Palu. Program UMKM yang diusulkan oleh wali kota Wartabone nomor 3 ini sangat penting, karena UMKM akan dihidupkan kembali dan padat karya akan menjadi program unggulan. Ini langkah konkret untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan di kota kita,” ujar Nilam.

Menurutnya, meski pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah cukup tinggi, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kesejahteraan masyarakat justru masih rendah.

“Pertumbuhan tinggi, tapi kemiskinan bertambah. Ini adalah anomali, ada yang salah dalam pengelolaannya. Sumber daya alam kita sangat luar biasa, tapi sumber daya manusia belum menunjang,” tegasnya.

Lebih lanjut, Nilam menyoroti masalah pendidikan yang menjadi akar masalah pengangguran di Sulawesi Tengah. Ia memaparkan data yang menunjukkan bahwa ada lebih dari 1.800 anak usia 16 hingga 24 tahun di Palu yang tidak melanjutkan sekolah.

“Padahal pendidikan sudah digratiskan selama 12 tahun. Kenapa ini masih terjadi? Ada masalah dalam sistem pendidikan kita, terutama di SMK. Tingkat pengangguran dari lulusan SMK justru lebih tinggi. Ini harus ditelusuri apakah kurikulum SMK tidak sesuai dengan kebutuhan pasar atau ada masalah lain,” katanya.

Sebagai anggota DPR RI, Nilam berkomitmen untuk terus memperjuangkan solusi bagi permasalahan ini. Ia juga mengungkapkan bahwa calon gubernur Ahmad Ali memiliki visi yang sama, terutama dalam memberikan beasiswa dan mendukung anak-anak putus sekolah agar mereka dapat melanjutkan pendidikan dan berkontribusi dalam pembangunan Sulawesi Tengah.

“Ahmad Ali, insya Allah, akan memberikan beasiswa kepada anak-anak yang tidak mampu melanjutkan ke perguruan tinggi. Ini langkah yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita,” tambahnya.

Nilam berharap masyarakat terus mendukungnya dalam menjalankan amanah sebagai anggota DPR RI, sembari terus bersinergi dengan calon wali kota dan gubernur terpilih untuk mewujudkan kota Palu yang lebih sejahtera.***

Silakan komentar Anda Disini….