Tutup
Dunia Islam

Alumni Da’i dan Imam Masjid DMI Sulteng Dilantik, Siap Jalankan Program Dakwah dan Keummatan

×

Alumni Da’i dan Imam Masjid DMI Sulteng Dilantik, Siap Jalankan Program Dakwah dan Keummatan

Sebarkan artikel ini
Dai dan Imam Masjid DMI

PALU, Kabar Selebes – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Tengah (Sulteng) melantik pengurus wilayah Ikatan Alumni Peldaim (Da’i dan Imam Masjid) DMI Sulteng pada momentum halal bi halal. Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum DMI Sulteng, H. Ahmad Ali.

Sejak diluncurkan program Peldaim, telah terjaring 560 anggota da’i muda dan imam dari 8 angkatan yang tersebar di 13 kabupaten dan kota Palu. Para alumni Peldaim ini kemudian membentuk wadah atau alumni Peldaim dengan tujuan mensinergikan seluruh anggota dalam mewujudkan visi misi DMI memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Advertising

Ketua Alumni Peldaim DMI Sulteng, Muchlis, menjelaskan bahwa setelah dilantik, pengurus langsung tancap gas menjalankan program yang telah dibuat dan disepakati oleh para da’i muda dan imam masjid.

Adapun program yang akan dijalankan oleh Ikatan Alumni Peldaim antara lain:

* Tahsin

* Dakwah (Public Speaking)

* Bekam

* Kewirausahaan

“Program yang akan segera kami lakukan setelah pelantikan adalah Safari Jum’at Berkah, yakni berkeliling dari masjid ke masjid, dengan membersihkan masjid, menjadi imam dan khotib. Sekaligus berbagi berkah makanan dan minuman untuk jamaah serta memberikan layanan kesehatan bekam bagi pegawai syara dan jamaah,” kata Muchlis.

Safari Jum’at Berkah bertujuan untuk menyadarkan pentingnya membaca Al-Qur’an dengan maknanya sehingga pesan dan petunjuk di dalamnya dapat dipahami. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memberikan pencerahan tauhid dan meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan ala sunnah Rasulullah melalui bekam.

Muchlis menambahkan, para da’i dan imam masjid juga wajib memiliki usaha yang dapat menopang kegiatan dakwah.

Pelantikan pengurus wilayah Ikatan Alumni Peldaim DMI Sulteng ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas da’i dan imam masjid di Sulteng. Diharapkan dengan program-program yang dijalankan, para da’i dan imam masjid dapat berperan aktif dalam memakmurkan masjid dan membimbing masyarakat ke jalan yang lebih baik.***

Silakan komentar Anda Disini….