Tutup
Sulawesi Tengah

3.562 Pemudik Gunakan Transportasi Laut pada Puncak Arus Mudik

×

3.562 Pemudik Gunakan Transportasi Laut pada Puncak Arus Mudik

Sebarkan artikel ini
Suasana pelabuhan pantoloan Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Dok. KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes  – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Palu mencatat sebanyak 3.562 pemudik menggunakan jasa transportasi laut melalui Pelabuhan Pantoloan pada puncak arus mudik Lebaran 2024 yang terjadi pada Senin (1/4/2024).

“Jumlah tersebut terdiri dari 1.766 orang yang tiba dan 1.796 orang yang berangkat dari Pelabuhan Pantoloan,” kata Kepala PT Pelni Cabang Palu ST Nafila di Palu, Selasa.

Advertising

Periode angkutan Lebaran 2024 dimulai sejak 26 Maret dan berlangsung selama 32 hari hingga 26 April. Pelni Cabang Palu menyiapkan dua armada untuk mengangkut penumpang mudik, yaitu KM Labobar dan KM Lambelu.

Lonjakan jumlah pemudik pada Senin (1/4) terjadi pada rute Palu-Balikpapan-Surabaya dengan menggunakan KM Labobar. Hal ini dikarenakan rute tujuan Surabaya merupakan rute dengan peminat paling tinggi dan juga merupakan kali terakhir KM Labobar masuk ke Pelabuhan Pantoloan untuk mengangkut penumpang tujuan Surabaya.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran 2024, KM Labobar mendapatkan dispensasi kapasitas penumpang menjadi 3.570 orang, dan KM Lambelu menjadi 3.126 orang.

Selain itu, PT Pelni Cabang Palu juga mendapatkan penyesuaian rute sebanyak tiga kali perjalanan untuk KM Labobar dengan tujuan Surabaya.

“Sejak dimulainya periode angkutan lebaran, sudah ada tiga kali kapal masuk, yaitu KM Labobar dengan rute tujuan Balikpapan-Surabaya tanggal 28 Maret, KM Lambelu rute Nunukan-Tarakan-Balikpapan pada 30 Maret, dan KM Labobar lagi dengan rute Balikpapan-Surabaya pada 1 April,” kata Nafila.

Pihaknya memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Pantoloan akan berlangsung pada tanggal 14 April dan 18 April.

Imbauan untuk Pemudik:

  • Beli tiket dari jauh hari (maksimal satu minggu sebelum keberangkatan).
  • Beli tiket di tempat resmi (laman resmi pelni.co.id, aplikasi Pelni Mobile, loket penjualan di kantor cabang Pelni, agen perjalanan resmi, gerai ritel modern Alfamidi dan Indomaret).
  • Hindari membeli tiket melalui calo, iklan di media sosial, dan transfer ke rekening pribadi.

(ant)

Silakan komentar Anda Disini….