Tutup
Pilihan

Sudah diguncang 48 kali Gempa, sejumlah warga Lembantongoa dan Kamarora B masih mengungsi

×

Sudah diguncang 48 kali Gempa, sejumlah warga Lembantongoa dan Kamarora B masih mengungsi

Sebarkan artikel ini
Sejumlah warga di Lembantongia masih berada di pengungsian akibat gempa.(Foto:ist)

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Sulawesi Tengah merilis hingga kini Kabupaten Sigi masih diguncang gempa bumi susulan.

Kepala DKIPS Sulteng Sudaryano Lamangkona mengatakan, data yang masuk di DKIPS hingga  pukul 12.00 WITA, wilayah Kabupaten Sigi sudah diguncang gempa sebanyak 48 kali.

Advertising

“Kondisi terakhir di desa Kamarora B dan Lembantongoa sebagai wilayah yang terdampak langsung gempa yang telah berlangsung sebanyak 48 kali,” kata Sudaryano Lamangkona saat keterangan pers bersama BPBD Sulteng dan pihak terkait via zoom meeting, Senin (7/8/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Akris Fattah mengatakan, saat ini terdapa 313 kepala Keluarga (KK) yang termpak gempa dan sedang mengungsi.

“Untuk jumlah pengungsi, di Desa Kamarora B sekitar 170 KK dan Desa Lembantongoa sebanyak 143 KK, dengan jumlah jiwa di dua desa tersebut sebanyak 1200 jiwa,” kata Akris Fatah.

Data BPBD Sulteng, akibat gempa berkekuatan 5,3 magnitudo hari  minggu kemarin, sebanyak 10 rumah warga di desa Lembantongoa rusak sedang dan ringan, 3 rumah rusak berat dan tidak bisa dihuni lagi.

“Sementara di desa Kamarora B rumah rusak ringan dan sedang ada 63 rumah dan kondisi rusak berat ada dua unit rumah yang tidak bisa ditempati,” kata Akris Fatah.

Saat ini, BPBD Sulteng dan pemerintah Kabupaten Sigi sudah terjun ke lokasi untuk melakukan penanggulangan terhadap pengungsi.(abd)

Silakan komentar Anda Disini….