JAKARTA, Kabar Selebes – Di tengah tekanan berat akibat disrupsi digital yang semakin parah, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) membuka Indonesia Digital Conference (IDC) 2024 dengan sebuah seruan penting: inovasi dan kolaborasi adalah kunci untuk bertahan di industri media yang semakin tak menentu.
Mengusung tema “Inovasi untuk Keberlanjutan,” IDC 2024 yang berlangsung pada 28-29 Agustus di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta, berfokus pada solusi yang dibutuhkan media untuk menghadapi tantangan yang terus meningkat.
Ketua Umum AMSI, Wahyu Dyatmika, dalam pidato pembukaannya, menekankan bahwa media sedang berada dalam kondisi krisis, dengan penurunan drastis dalam jumlah pengunjung dan pendapatan selama setahun terakhir.
“Kita berada dalam era disrupsi luar biasa yang memaksa media untuk beradaptasi atau terancam tenggelam. Saat ini, distribusi berita tidak lagi di tangan kita, tetapi di platform digital global seperti Google, Meta, X, dan TikTok,” ujar Wahyu.
Menurutnya, perubahan fundamental yang terjadi dalam 10-15 tahun terakhir telah mengguncang industri pers secara global, menuntut media untuk tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang dengan cara baru.
Wahyu menjelaskan bahwa dalam menghadapi situasi ini, media harus beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang, sekaligus berinovasi untuk menciptakan nilai baru dalam jurnalisme.
“Media yang tidak berinovasi tidak akan mampu bertahan dalam lanskap yang semakin kompetitif ini,” tambahnya.
Untuk pertama kalinya, AMSI berkolaborasi dengan Indonesia Digital Association (IDA) di IDC 2024, menunjukkan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk mendorong inovasi.
Ketua Umum IDA, Dian Gemiano, menggarisbawahi pentingnya kemandirian media, baik dalam hal konten, teknologi, bisnis, maupun finansial.
Namun, kemandirian ini, menurut Dian, harus diwujudkan melalui kolaborasi yang proaktif dan inovatif.
Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Bidang Komunikasi dan Media Massa, Molly Prabawaty, yang turut hadir dalam acara ini, menekankan bahwa kredibilitas media sebagai verifikator informasi harus tetap dijaga untuk mempertahankan kepercayaan publik.
Ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan media melalui kebijakan-kebijakan yang mendukung industri jurnalisme, salah satunya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas.
IDC 2024 juga menjadi momen penting bagi AMSI untuk menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ekosistem media yang berkelanjutan melalui berbagai inisiatif, termasuk “Road to IDC 2024” dan “Masterclass” yang memberikan pelatihan lanjutan bagi para profesional media.
Acara ini juga ditutup dengan penganugerahan AMSI Awards 2024, sebagai bentuk apresiasi terhadap inovasi dan kualitas dalam industri media.
IDC ini kerjasama antara AMSI dengan Internews, USAID MEDIA, dan dukungan dari sejumlah perusahaan besar seperti PT Astra International Tbk dan Google News Initiative, IDC 2024 kali ini ditandai dengan kehadiran rangkaian kegiatan “Road to IDC 2024” serta “Masterclass”.
“Road to IDC 2024” merupakan diskusi terbuka dan tertutup yang digelar AMSI sebagai pemanasan menuju ajang utama yaitu IDC 2024.
Sementara itu “Masterclass” digelar untuk memberikan pembelajaran kelas mahir bagi pelaku-pelaku media profesional untuk terus meningkatkan kapasitasnya. Kegiatan akan ditutup dengan penganugerahan AMSI Awards 2024.
Program IDC dan AMSI Awards adalah bagian dari kerjasama AMSI dengan Internews dan USAID MEDIA untuk membangun keberlanjutan bisnis media di Indonesia. Pada gelaran tahun ini, IDC dan AMSI Awards juga mendapatkan dukungan dari PT Astra International Tbk, Google News Initiative, Dailymotion SA, PT Pertamina (Persero), PT Adaro Energy Indonesia, PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel, Harita Nickel atau PT Trimegah Bangun Persada Tbk, PT Merdeka Copper Gold, PT PLN (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, EIGER Adventure, dan MIND ID.***