JAKARTA, Kabar Selebes – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengukuhkan kesiapan infrastrukturnya untuk menghadirkan konektivitas dan pengalaman yang mengesankan bagi para tamu negara.
Penguatan ini meliputi peningkatan jaringan dan penyediaan layanan di wilayah IKN serta kota penyangga seperti Balikpapan dan Samarinda.
Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, mengungkapkan, Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di Ibu Kota Nusantara melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal pertama tahun 2024.
“Kami berupaya menjaga kelancaran konektivitas yang kuat dan merata sepanjang perjalanan dari kota penyangga hingga wilayah IKN. Upaya ini merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” kata Desmond Cheung.
Saat ini, Indosat telah menyediakan jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN. Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84%, sementara kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44%.
Peningkatan kapasitas ini didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan optimasi kapasitas antar BTS dan penerapan teknologi akses radio termutakhir untuk efisiensi energi yang signifikan.
Sebagai bagian dari persiapan Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, Indosat juga menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) dan backbone fiber optic di wilayah IKN.
Saat ini, lebih dari 15 ribu BTS Indosat telah mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi di Kota Samarinda.
Indosat berencana terus memperluas layanan baik bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.
Selain memastikan kesiapan jaringan, Indosat juga melayani kebutuhan pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan layanan pelanggan melalui dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri.
Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi.
Sebagai bagian dari komitmen pemberdayaan masyarakat, Indosat aktif menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).
Melalui inisiatif seperti SheHacks Innovate 2024, yang diikuti oleh para pelaku UMKM lokal, Indosat berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk melalui program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat.
Dengan berbagai inisiatif ini, Indosat kembali menegaskan peran aktifnya dalam menjembatani kesenjangan digital di Indonesia.
Dukungan ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Ibu Kota Nusantara, untuk meraih manfaat dari kemajuan teknologi dan digitalisasi di Tanah Air.***