Tutup
Palu

Diskominfosantik Palu Dorong Siswa Madrasah Cerdas Bermedia Sosial

×

Diskominfosantik Palu Dorong Siswa Madrasah Cerdas Bermedia Sosial

Sebarkan artikel ini
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Palu berperan sebagai narasumber dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTs. Alkhairaat Pusat Palu untuk Tahun Pelajaran 2024/2025.

PALU, Kabar Selebes – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Palu berperan sebagai narasumber dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTs. Alkhairaat Pusat Palu untuk Tahun Pelajaran 2024/2025.

Acara ini diadakan di Aula MTs. Alkhairaat Pusat Palu dan bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan tentang literasi digital.

Advertising

Andi Chandra, Pranata Humas Ahli Muda Diskominfosantik Kota Palu, menyampaikan materi yang bertajuk “Cerdas Bermedia Sosial di Era Keterbukaan Informasi Publik”.

Dalam pemaparannya, Andi menjelaskan bahwa literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memanfaatkan media digital, alat komunikasi, dan jaringan internet.

“Media sosial dapat dengan mudah merubah cara kita bersikap dan berpikir serta mempengaruhi perilaku individu dan kesehatan manusia,” ujar Andi.

Andi juga menekankan pentingnya memahami proses digitalisasi, yang mengubah informasi dari bentuk analog menjadi format digital, memberikan akses lebih luas terhadap pengetahuan dan sumber daya melalui internet.

Tantangan literasi digital saat ini adalah banyaknya arus informasi dan konten negatif di media sosial, sehingga diperlukan “tameng” melalui kecakapan literasi digital.

Dalam kampanye Literasi Digital, terdapat empat pilar utama yang harus dikuasai:

  1. Keterampilan Digital
  2. Budaya Digital
  3. Etika Digital
  4. Keamanan Digital

Selain itu, Andi menjelaskan cara mengenali berita hoaks dan membedakan antara misinformasi dan disinformasi melalui simulasi permainan yang menarik. “Dengan pemahaman yang baik tentang literasi digital, siswa-siswa diharapkan dapat bermedia sosial dengan cerdas dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat,” jelas Andi.

Diskominfosantik Kota Palu berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswa madrasah dapat memiliki kecakapan literasi digital yang kuat, sehingga mampu menggunakan media sosial secara bijak dan efektif serta siap menghadapi tantangan di era digital yang dinamis.(ist)

Silakan komentar Anda Disini….