Tutup
Sulawesi Tengah

Polda Sulteng Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala-2024

×

Polda Sulteng Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala-2024

Sebarkan artikel ini
Wakapolda Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, SIK memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala-2024 di Lapangan Apel Polda Sulteng, Rabu (3/4/2024) Sore.

PALU, Kabar Selebes  – Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH diwakili Wakapolda Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, SIK memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala-2024 di Lapangan Apel Polda Sulteng, Rabu (3/4/2024) Sore.

Apel ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Advertising

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam amanatnya yang dibacakan Wakapolda Sulteng mengatakan bahwa berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022.

Presiden Joko Widodo juga menekankan bahwa mudik tahun ini akan sangat besar sekali, dengan perkiraan 190 juta pemudik. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk mudik lebih awal.

Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024.

Sinergi dan koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan stakeholder terkait harus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman.

Sementara itu Kabidhumas Polda Sulteng mengatakan, dalam pelaksanaan pengamanan Idul fitri 1445 H Polda Sulteng akan mengerahkan 3.030 personel baik dari unsur Kepolisian, TNI, Instansi terkait dan mitra kamtibmas.

Untuk memberikan pelayanan dan pengamanan, Kepolisian telah mendirikan 93 Pos Operasi yang terdiri dari 62 Pos Pengamanan, 21 Pos Pelayanan dan 10 Pos Terpadu.

Kabidhumas juga memprediksi, puncak arus mudik lebaran di wilayah Sulawesi Tengah akan terjadi mulai tanggal 5 hingga 8 April 2024, oleh karena itu diimbau masyarakat untuk mempersiapkan rencana mudik lebaran dengan sebaik-baiknya.

Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala-2024 Polda Sulteng selain diikuti pasukan dari Kepolisian, TNI turut diikuti pasukan dari Satpol PP, Damkar Kota Palu, BPBD, Badan SAR Palu, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Mitra Kamtibmas.

Silakan komentar Anda Disini….