JAKARTA, Kabar Selebes – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) hari ini mengadakan acara puncak Anugerah Karya Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023, sebagai bagian dari rangkaian program SOS dan kampanye anti hate speech #BijakBerkreasiTanpaBatas yang telah dilaksanakan sejak Oktober 2023 lalu.
Tujuan dari festival ini adalah untuk memberdayakan generasi muda Indonesia melalui peningkatan literasi digital, sehingga mereka dapat menjadi lebih bijak dalam menggunakan media sosial.
Dengan tema “Bicara Baik di Digital, Hindari Emosi Tanpa Substansi”, kampanye ini mengajak ribuan anak muda di seluruh Indonesia untuk menyampaikan pesan positif melalui karya kreatif film pendek.
Ajang Anugerah Karya Festival Film Pendek SOS 2023 dihadiri oleh sejumlah juri dan pihak terkait, antara lain Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), Muhammad Neil El Himam; Direktur Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf, Amin Abdullah; SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang; dan Chief Creative Officer Narasi, Jovial da Lopez.
Sejak pembukaan pendaftaran pada 26 Oktober 2023, kampanye ini berhasil mengumpulkan 273 karya film pendek yang mencerminkan kreativitas dan pentingnya berbicara dengan baik di ranah digital. Seluruh karya tersebut dinilai secara independen oleh dewan juri yang terdiri dari tokoh-tokoh perfilman seperti Komedian dan Filmmaker, Ernest Prakasa serta Penulis sekaligus Banker, Ika Natassa. Dari 273 karya tersebut, telah terpilih 24 finalis untuk kategori Mahasiswa dan Umum. Setelah melalui penjurian tahap akhir, ditentukanlah pemenang Gold, Silver, dan Bronze untuk masing-masing kategori, serta pemenang kategori People Choice dan Judges Choice.
Tidak hanya mengadakan festival, Indosat juga menggelar roadshow di delapan kampus ternama di Kota Medan, Jember, Pontianak, dan Makassar, serta sosialisasi di enam kota lainnya, termasuk Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan Mataram. Lebih dari 1.400 peserta dari berbagai komunitas juga terlibat dalam pelatihan online workshop yang turut menghadirkan para pakar perfilman.
Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, menyatakan apresiasinya terhadap langkah Indosat dalam menstimulasi kreativitas generasi muda Indonesia dalam memperkuat narasi positif di dunia digital. Ahmad Zulfikar, Director and Chief Strategy & Execution Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan pentingnya media sosial sebagai panggung kreativitas dan sarana menyampaikan pesan positif, serta mengajak generasi muda Indonesia untuk #BijakBerkreasiTanpaBatas.
Najwa Shihab, Founder Narasi, menambahkan bahwa inisiatif Indosat dalam menyelenggarakan Festival Film Pendek SOS 2023 merupakan bagian dari komitmen bersama untuk mengurangi penyebaran kebencian di ruang digital.
Program Festival Film Pendek SOS 2023 adalah bagian dari tanggung jawab sosial (CSR) Indosat di bidang Pendidikan Digital yang telah diselenggarakan sejak tahun 2022. Dengan kesuksesan kampanye ini, Indosat berkomitmen untuk terus memberdayakan generasi muda Indonesia untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam dunia digital.***