Tutup
Sulawesi Tengah

DHC UIN Datokarama Palu Bantu Pelaku UMKM Dapatkan Sertifikat Halal

×

DHC UIN Datokarama Palu Bantu Pelaku UMKM Dapatkan Sertifikat Halal

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Datokarama Halal Center (DHC) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama mempersembahkan bantuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Tengah dengan memfasilitasi mereka dalam memperoleh sertifikat halal untuk produk-produk mereka.

Menurut Siti Rabiatul Adawiyah, Auditor, Trainer, dan Pendamping Produk Halal DHC UIN Datokarama, setiap pelaku usaha dapat mendaftarkan produknya ke LP3H DHC UIN Datokarama Palu untuk diproses oleh pendamping yang kompeten.

Advertising

“Prosesnya melibatkan verifikasi dokumen yang diajukan oleh pelaku usaha untuk memastikan kepatuhan terhadap standar halal,” kata Adawiyah.

Hingga tahun 2023, DHC UIN Datokarama telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dan menerbitkan sebanyak 1.200 sertifikat produk halal.

Adawiyah menambahkan bahwa saat ini sedang dilakukan kampanye wajib halal oleh Kementerian Agama bersama kementerian, badan, dan lembaga terkait lainnya dengan batas waktu pendaftaran produk hingga Oktober 2024.

Di sisi lain, Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama, Doktor Kiai Haji Sahran Raden, menjelaskan kolaborasi mereka dengan Kementerian Agama dan para pemangku kepentingan terkait dalam memastikan keamanan dan kesehatan produk pangan yang halal.

“Hal ini adalah langkah penting dalam mendukung pasokan makanan dan minuman yang sesuai dengan prinsip-prinsip halal,” ungkap Doktor Raden.

UIN Datokarama, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Agama, telah diberi izin untuk menyelenggarakan pendampingan sertifikasi produk halal melalui Datokarama Halal Center, sebuah unit struktural di bawah LP2M yang berdedikasi untuk mempromosikan produk halal di wilayah Sulawesi Tengah.***

Silakan komentar Anda Disini….