Tutup
Sulawesi Tengah

PWNU Sulteng-UIN Datokarama Gelar PMKNU Gencarkan Pembangunan Masyarakat Moderat

×

PWNU Sulteng-UIN Datokarama Gelar PMKNU Gencarkan Pembangunan Masyarakat Moderat

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bersinergi menggencarkan pembangunan masyarakat moderat secara intelektual dan perilaku di provinsi tersebut.

Upaya tersebut dilakukan melalui penyelenggaraan Pendidikan Menengah Kepemimpinan Nahdlatul Ulama (PMKNU) yang akan dilaksanakan di Kota Palu mulai tanggal 7 – 11 Februari 2024.

Advertising

“Pembangunan masyarakat yang moderat adalah prioritas NU yang dilakukan dengan berbagai strategi salah satunya melalui pendidikan menengah kepemimpinan Nahdlatul Ulama,” kata Ketua Panitia PMKNU Doktor Kiai Haji Sahran Raden, di Kota Palu, Ahad.

Sahran menjelaskan, PMKNU merupakan satu jenjang pendidikan non-formal di NU, yang dalam prosesnya lebih mengarah pada penguatan pemahaman Islam moderat, moderasi beragama, kebhinnekaan, empat pilar wawasan kebangsaan, dan menangkal radikalisme melalui strategi dakwah di era keterbukaan informasi.

“Materi – materi ini untuk memperkuat pembangunan masyarakat moderat, di samping materi mengenai keorganisasian dan ke-NU-an,” ujarnya.

Sahran mengemukakan pembangunan masyarakat yang moderat harus dilakukan, seiring dengan adanya faham dan aliran keras yang ingin mencerai beraikan persatuan dan kesatuan masyarakat NKRI.

Dalam upaya tersebut, kata dia, PWNU Sulteng bersinergi dengan multi pihak di antaranya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan kabupaten/kota, pihak swasta, BUMN, termasuk perguruan tinggi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama.

“Sinergi ini penting dilakukan, agar pembangunan masyarakat moderat lebih optimal, sehingga jangkauan dan manfaatnya lebih luas,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Datokarama Doktor Kiai Haji Faisal Attamimi mengemukakan kerja sama menjadi kata kunci untuk bersama – sama mewujudkan masyarakat Sulawesi Tengah yang moderat.

“Ini penting, sebab daerah ini tidak hanya dihuni oleh satu suku ataupun satu agama tertentu. Melainkan, dihuni oleh masyarakat yang multi etnis dan multi agama,” ujarnya.

Kebersamaan, persatuan dan kesatuan di tengah kemajemukan yang ada, kata dia, harus dirawat dan dijaga. Hal ini dapat terjaga dengan baik dan berkelanjutan, bila masyarakat memiliki wawasan dan perilaku yang moderat.

 

Silakan komentar Anda Disini….