Tutup
Sulawesi Tengah

PT CPM Gelar Program Tangguh Kesehatan untuk Pengentasan Stunting Masyarakat Lingkar Tambang

×

PT CPM Gelar Program Tangguh Kesehatan untuk Pengentasan Stunting Masyarakat Lingkar Tambang

Sebarkan artikel ini
Superintendent Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM-CSR) PT CPM, Rahyunita Handayani memberikan bingkisan kepada bumil KEK dan bayi stunting di Vatutela.(Foto: Abdee Mari)

PALU, Kabar Selebes – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi permasalahan stunting, khususnya masyarakat lingkar tambang, PT Citra Palu Minerals (CPM) menggelar Program Tangguh Kesehatan.

Program ini pertama kalinya digelar di Desa Vatutela, Kelurahan Talise, Kota Palu, Jumat (15/12/2023).

Advertising

Program ini diberi nama Pemberian Nutrisi bagi Bumil KEK (Ibu Hamil Kurang Energi Kronik) dan Bayi Stunting di kawasan Lingkar Tambang.

Sebanyak 15 Ibu hamil, dan 29 bayi mendapat pelayanan kesehatan di posko yang dibangun di salah satu rumah warga di Desa Vatutela.

Kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah Kota Palu melalui Puskesmas Talise yang menerjunkan sejumlah tenaga medis dan kader kesehatan.

Superintendent Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM-CSR) PT CPM, Rahyunita Handayani menjelaskan bahwa Program Tangguh Kesehatan merupakan langkah konkret PT CPM untuk mendukung pengatasan stunting, yang dianggap sebagai masalah bersama.

Menurut Rahyunita Handayani, program ini fokus memberikan dukungan kepada posyadu-posyadu yang memiliki tingkat stunting tinggi.

Kerjasama tetap dilakukan dengan puskesmas terkait, termasuk puskesmas Talise dan Puskesmas Kawatuna.

“Kami tidak hanya memberikan nutrisi tambahan untuk bumil KEK dan balita stunting, tapi juga memberikan dukungan untuk kader-kader posyadu dan posyadu itu sendiri dengan suport operasional,” ungkap Rahyunita.

Rahyunita menekankan bahwa ini merupakan pilot project, dan harapannya adalah program ini dapat berlanjut secara berkelanjutan.

“Kami berharap dapat menurunkan angka stunting, khususnya di kota Palu,” tambahnya.

Selain Program Tangguh Kesehatan, PT CPM juga berkolaborasi dengan pemerintah dalam berbagai program pengembangan kesehatan masyarakat, terutama di lingkar tambang.

Rahyunita juga menjelaskan bahwa pemilihan wilayah untuk pelaksanaan program ini melibatkan kerjasama dengan Puskesmas dan pihak terkait, serta pelatihan kader sebelum pelaksanaan.

Asrul, Ketua RW Vatutela, memberikan apresiasi tinggi terhadap kontribusi PT CPM dalam program kesehatan masyarakat.

Asrul menyatakan harapannya bahwa PT CPM akan terus memberikan dukungan dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan.

“Harapan kami terhadap penderita stunting adalah semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan digunakan dengan tepat sasaran di wilayah Pulau Angkundur,” ungkap Asrul.

Program Tangguh Kesehatan PT CPM diharapkan dapat menjadi inspirasi dan model bagi upaya pengentasan stunting di daerah lain, dengan dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah setempat.(abd)

Silakan komentar Anda Disini….