Tutup
Ekonomi

Indosat dan Cisco Gencar Berdayakan Masyarakat Indonesia Melalui Pelatihan Cybersecurity

×

Indosat dan Cisco Gencar Berdayakan Masyarakat Indonesia Melalui Pelatihan Cybersecurity

Sebarkan artikel ini
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melanjutkan komitmennya memberdayakan masyarakat Indonesia lewat pelatihan cybersecurity (keamanan siber) pada program IDCamp dengan menggandeng Cisco sebagai mitra strategis. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang ditandatangani pada September 2023 silam. Pelatihan yang merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di pilar Pendidikan Digital ini mengawali langkah Perusahaan dalam bulan memberikan kembali kepada masyarakat.

JAKARTA, Kabar Selebes – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat Indonesia dengan meluncurkan program pelatihan cybersecurity (keamanan siber) melalui IDCamp, bekerja sama dengan mitra strategis, Cisco.

Kolaborasi ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani pada bulan September 2023.

Advertising

Pelatihan ini, yang merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di pilar Pendidikan Digital, memulai langkah awal perusahaan dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat. Terdapat tiga program unggulan dalam pelatihan ini, yakni Introduction to Cybersecurity, Networking Basic, hingga Networking Devices and Initial Configuration. Peserta pelatihan akan dibekali dengan keterampilan sebagai Analis atau Teknisi Cybersecurity dan Help Desk Support, dengan peluang mendapatkan sertifikat Cybersecurity Cisco Certified Support Technician (CCST).

Steve Saerang, SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Di era digital ini, cybersecurity bukan lagi pilihan, melainkan suatu keharusan. Inisiatif ini adalah kontribusi kami untuk mempersiapkan talenta digital yang tidak hanya mumpuni tetapi juga relevan dalam menghadapi ancaman keamanan yang terus berkembang. Investasi dalam talenta digital yang mahir dalam cybersecurity adalah langkah strategis untuk mempercepat digitalisasi di Tanah Air.”

Pelatihan ini diinisiasi sebagai respons terhadap meningkatnya kasus serangan siber di Indonesia. Menurut data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), terdapat 361 juta kasus cyberattack selama tahun 2023. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa kebutuhan akan ahli digital dalam cybersecurity menjadi sangat mendesak, dengan target Indonesia dapat menghasilkan setidaknya sembilan juta talenta digital muda pada tahun 2030.

Joseph Lin, Head of Global Partner Strategies and Planning, Corporate Affairs Cisco, menyatakan apresiasi terhadap upaya Indosat dalam menempa talenta digital Indonesia. Melalui IDCamp, Cisco bersama Indosat memberikan pembekalan kepada talenta muda untuk menjaga data dan jaringan komputer dari ancaman cyberattack yang semakin berkembang. Fokus pada pendidikan keterampilan cybersecurity diharapkan membuka peluang baru bagi generasi muda Indonesia.

Program inklusif ini diharapkan menghasilkan talenta digital muda Indonesia yang mampu mewujudkan peluang tanpa batas dan turut mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air. Pelatihan ini juga dapat diikuti oleh peserta IDCamp 2023, yang saat ini berjumlah lebih dari 90 ribu developer, dengan mengakses Learning Path Cybersecurity di website IDCamp. Kolaborasi strategis antara Indosat dan Cisco menargetkan pelatihan 50 ribu peserta melalui program IDCamp pada tahun pertama, dengan rencana peningkatan menjadi 200 ribu peserta dalam tiga tahun ke depan.

Steve menutup, “Dengan pelatihan cybersecurity ini, kami berharap dapat membantu menekan kejahatan siber di Indonesia. Hal ini juga menjadi bagian dari tujuan besar Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia melalui bidang pendidikan digital.”

Silakan komentar Anda Disini….