Tutup
Sulawesi Tengah

Program Perumahan BSPS di Morowali Utara Tuntas Setelah Sorotan Media

×

Program Perumahan BSPS di Morowali Utara Tuntas Setelah Sorotan Media

Sebarkan artikel ini
Kondisi sebelumnya (kiri) dan Kondisi perumahan saat ini (kanan).(Foto: Hendly)

MOROWALI UTARA, Kabar Selebes – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Dusun Ratongkuni, Desa Era, Kabupaten Morowali Utara, yang sejak 2019 mengalami kendala dan dianggap gagal, akhirnya berhasil diselesaikan setelah mendapat sorotan media.

Dalam kondisi sebagian besar rumah tanpa pintu dan beberapa bangunan tidak tuntas, program tersebut menjadi perhatian media pada bulan September.

Advertising

Dalam penelusuran media, program perumahan Ratongkuni di BSPS tercatat sebagai program yang gagal, dan Kabid Perumahan PUPR Morut mengakui bahwa anggarannya sudah terpakai.

Setelah terus-menerus mendapat sorotan media, dilakukan pendampingan sehingga program tersebut akhirnya berhasil diselesaikan.

Kini, 20 kepala keluarga (KK) dapat menempati rumah-rumah tersebut. Sebelumnya, hanya sekitar 2 KK yang tinggal di perumahan tersebut.

Program BSPS adalah bantuan perbaikan rumah yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat penerima bantuan, terutama yang terkategori sebagai Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Kepala Desa Era, Ferdinand Moenggo, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung penyelesaian program perumahan ini.

“20 rumah sudah aman dan ditinggali oleh warga kami. Terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama Dinas PUPR Morut,” ujar Ferdinand Moenggo.

Warga Dusun Ratongkuni merencanakan untuk merayakan Natal di bulan Desember 2023 ini sebagai ungkapan syukur atas penyelesaian program perumahan tersebut.

Kabid Perumahan Rakyat PUPR Morut, Iskandar, menyatakan bahwa semua perumahan sudah diselesaikan dan saat ini sudah dihuni oleh masing-masing kepala keluarga.

“Terima kasih atas dukungannya,” tambah Iskandar.(hen)

Silakan komentar Anda Disini….