Tutup
Sulawesi Tengah

Bupati: Jelajah Bumi Trikora Menjadi Upaya Promosi Wisata Banggai Kepulauan

×

Bupati: Jelajah Bumi Trikora Menjadi Upaya Promosi Wisata Banggai Kepulauan

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir melepas peserta Jelajah Bumi Trikora VI.(Foto :Prokopim Setda Pemkab Bangkep)

BANGKEP, Kabar Selebes – Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, menyatakan bahwa kegiatan “Jelajah Bumi Trikora” menjadi salah satu upaya promosi potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Banggai Kepulauan.

Hal ini diungkapkannya dalam sambutannya saat melepas peserta “Jelajah Bumi Trikora VI” di Banggai Kepulauan, Jumat (4/11/2023.

Advertising

Jelajah Bumi Trikora VI adalah rangkaian kegiatan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Banggai Kepulauan, yang telah mencapai usia 24 tahun pada tahun 2023.
Bupati Ihsan Basir menekankan bahwa daerah tersebut tengah mengalami perkembangan yang signifikan, dan dalam proses pengembangan tersebut, sinergi dari berbagai pihak sangat diperlukan.

Ia menyadari bahwa sektor wisata merupakan salah satu sektor strategis dan berpotensi yang harus terus dipromosikan di tingkat nasional dan internasional.

Data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan mencatat bahwa jumlah total kunjungan wisatawan nusantara pada tahun 2022 mencapai 107.225 orang.

Banggai Kepulauan, yang terletak di bagian timur Sulawesi Tengah, dikenal sebagai daerah wisata yang memiliki potensi besar.

Potensi wisata ini juga menjadi andalan Sulawesi Tengah dan terus dipromosikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah ke tingkat nasional dan internasional.

Beberapa lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat dari dalam dan luar negeri termasuk Danau Paisu Pok, Permandian Desa Kautu, Pantai Tebeabul, Teluk Pompon, Pantai Mandel, Bone Oluno, dan Bone Pololoba.

Di Danau Paisu Pok, pengunjung dapat menikmati aktivitas snorkeling, diving, naik perahu untuk menikmati keindahan alam danau, serta mencicipi kuliner khas lokal seperti ubi Banggai, sinole, dan ikan bakar.

Selain itu, terdapat juga Pantai Poganda yang menawarkan pasir putih, panorama laut, hamparan pulau, dan matahari terbenam yang memukau. Danau Alani dan Danau Lemelu, yang terletak di kawasan pegunungan, merupakan destinasi menarik dengan kehidupan masyarakat Suku Seasea yang menjaga keaslian budayanya.

Dengan mempromosikan potensi wisata yang luas dan beragam ini, Kabupaten Banggai Kepulauan berharap dapat terus mengundang wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya yang dimiliki oleh daerah ini.

Promosi wisata menjadi salah satu cara untuk mendukung perkembangan daerah yang sedang berkembang ini.***

Silakan komentar Anda Disini….