Tutup
Nasional

Kunjungi Pasar Masomba Palu, Presiden Jokowi sebut pertumbuhan ekonomi Sulteng naik 13 persen

×

Kunjungi Pasar Masomba Palu, Presiden Jokowi sebut pertumbuhan ekonomi Sulteng naik 13 persen

Sebarkan artikel ini
Presiden Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Masomba di Palu, Rabu (30/8/2023).(Foto: Adpim)

PALU, Kabar Selebes – Presiden Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Masomba di Palu, Rabu (30/8/2023).

Dalam kunjungan itu Presiden Jokowi, didampingi Panglima TNI Laksamana H. Yudo Margono, SE, MM, C.S.F.A, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko, S.I.P, MM, serta Walikota Palu H. Hadianto Rasyid SE.

Advertising

Selama kunjungan tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan 421 paket bantuan sembako dan 107 unit bantuan langsung tunai kepada pedagang di Pasar Masomba. Beliau juga membagikan ratusan kaos kepada pengunjung pasar.

Pada kunjungan itu, Jokowi menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi masyarakat di Sulawesi Tengah naik hingga 13 persen.

“Ini sudah dua setengah kali lipat ekonomi nasional kita. Artinya di Provinsi Sulawesi Tengah tumbuh sangat banyak, dan itu kelihatan banyak toko-toko baru, banyak bangunan-bangunan baru, banyak pembangunan, karena pertumbuhan ekonominya di atas 13 persen,” kata Jokowi kepada wartawan di Pasar Masomba Palu.

Jokowi juga meminta kepada Gubernus Sulteng Rusdy Mastura agar masyarakat berperan dalam perekonomian khususnya di daerah-daerah industry.

“Saya tadi sudah titip ke Gubernur, agar industri-industri nikel yang ada di sini, misalnya catering-katering, yang megang misalnya orang daerah, yang nyetor telur, daerah, yang nyetor ayam mentah, daerah, sehingga ada efek pertumbuhan ekonominya betul-betul ke daerah, tidak semuanya menjadi agregat nasional,” kata Jokowi.

Jokowi juga melakukan pemantauan langsung ke pedagang-pedagang yang ada di Pasar Masomba Palu. Jokowi senang karena harga-harga stabil sehingga terlihat pertumbuhan ekonominya dirasakan langsung oleh rakyat.

“Saya lihat bagus, dan yang saya senang pertumbuhan tinggi, tetapi harga-harga di sini stabil, ayam 25 ribu, kemudian bawang merah 23 ribu, bagus. Harga-harga bisa terkendali, tapi pertumbuhan ekonominya itu yang diinginkan seperti itu, dan rakyat pasti merasakan,” tutupnya.

Presiden Jokowi tiba di Pasar Masomba Palu pada pukul 16.00 WITA. Sebelumnya, beliau tiba di Kota Palu melalui Bandar Udara Mutiara Sis-AlJufri Palu pada pukul 12.00 WITA, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Kunjungan Presiden Jokowi dalam rangka menghadiri dan secara resmi membuka kegiatan Mahasabha XIII Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Universitas Tadulako.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda Sulteng Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, S.I.K, SH, MH, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Tri Winarto, S.I.P, M.Han, Kabinda Sulawesi Tengah Brigjen TNI Arman Dahlan, Danlanal Palu Letkol Laut (P) Agus Supriyo, SE, M.Tr.Hanla, MM, M.Tr.Opsla, serta pejabat terkait lainnya.(abd)

Silakan komentar Anda Disini….