Tutup
Nasional

AMSI luncurkan Program Agregrator bernama Amsinews

×

AMSI luncurkan Program Agregrator bernama Amsinews

Sebarkan artikel ini
Suwarjono, penanggung jawab program Agregator.(Foto: Abdee Mari)

BANDUNG, Kabar Selebes – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) meluncurkan program baru bernama Amsinews, sebuah konten agregator yang bertujuan untuk memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan kesadaran.

Amsinews diluncurkan bersamaan dengan acara Indonesia Digital Conference (IDC) di Hotel El Royale, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023).

Advertising

Menurut Suwarjono, penanggung jawab program Agregator, Amsinews merupakan platform yang mencakup tiga isu utama: distribusi konten, agensi periklanan, dan sistem konten manajemen.

Konten dari berbagai media lokal dan nasional dengan berbagai fokus yang berbeda akan dikumpulkan dalam platform ini.

“Di forum tahunan ini kami meluncurkan 1 program yaitu Amsinews sebagai sebuah konten agregator. Amsinews sebagai platform 3 in 1 karena mencakup 3 isu yaitu distribusi konten, agensi periklanan, dan sistem konten manajemen,” terang Suwarjono.

Melalui Amsinews kata Suwarjono, media-media tersebut dapat berbagi sumber daya teknis dan ekonomi untuk mengelola infrastruktur dan teknologi platform publikasi media, serta menciptakan model bisnis bersama dalam ekosistem ekonomi media digital.

Heru Tjatur, Ketua Tim Developer Agregator, menjelaskan bahwa media-media yang bergabung dalam agregator ini akan diberikan platform CMS media, infrastruktur, dan platform. Ada juga rencana untuk menyediakan 10 template yang dapat dipilih oleh media yang tergabung.

Data dari media-media tersebut akan diambil dan dimasukkan ke dalam agregator Amsinews.id. Konten di dalam agregator akan didistribusikan melalui widget agregator berdasarkan kategori atau isu tertentu.

“Sumber daya teknis untuk mengelola infrastruktur dan teknologi platform publikasi media. Juga sumber daya ekonomi untuk menciptakan model bisnis bersama ekosistem ekonomi media digital,” terangnya.

Ia memperinci mekanisme anggota yang tergabung dalam agregator ini. “Media yang bergabung akan disediakan CMS media. Infrastruktur dan platform disediakan. Bahkan akan disiapkan 10 template yang nanti akan bisa dipilih,” ucapnya.

Program IDC dan AMSI Awards merupakan bagian dari kerjasama AMSI dengan Internews dan USAID MEDIA untuk membangun keberlanjutan bisnis media di Indonesia.

Pada tahun ini, acara IDC dan AMSI Awards juga mendapatkan dukungan dari berbagai perusahaan seperti PT Astra International Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Mining Industry Indonesia (MIND ID), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Adaro Energy Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Merdeka Copper Gold Tbk, Bank BJB, Harita Nickel, PT XL Axiata Tbk, dan Minderoo Foundation.

Program Amsinews merupakan langkah penting dalam menghadapi perubahan dalam industri media digital. Dengan mengumpulkan daya dan sumber daya dari berbagai media, diharapkan program ini akan memberikan manfaat yang lebih besar dan membantu media-media untuk tumbuh dan berkembang dalam era digital.***

Silakan komentar Anda Disini….