Tutup
Musim Haji

327 Jamaah Haji Tolitoli dipulangkan menggunakan Tol Laut Sabuk Nusantara

×

327 Jamaah Haji Tolitoli dipulangkan menggunakan Tol Laut Sabuk Nusantara

Sebarkan artikel ini
Jamaah haji asal Tolitoli kembali ke kampung halaman menggunakan Tol Laut.(Foto: Abdee)

PALU, Kabar Selebes – Untuk pertama kalinya sejak masyarakat Sulawesi Tengah menunaikan ibadah haji, para jamaah haji menggunakan moda transportasi laut untuk pulang.

Musim haji tahun 2023 ini, ratusan jamaah haji asal Kabupaten Tolitoli menggunakan kapal untuk kembali ke kampung halaman.

Advertising

Sebanyak 327 jamaah haji dipulangkan menggunakan kapal perintis nusantara yang disiapkan oleh Direktorat Perhubungan Laut, Jumat (28/7/2023).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Palu Mursidi mengatakan, dipilihnya moda transportasi laut untuk memanjakan para jamaah haji yang rata-rata sudah lanjut usia agar tidak kelelahan di perjalanan.

“Sesuai dengan program Presiden Joko Widodo untuk menghidupkan moda transportasi laut yakni tol laut menjadi alat transportasi perintis di daerah, maka kami melalui Dirjen Pehubungan Laut menyiapkan kapal perintis ini untuk kepulangan jamaah haji,” kata Mursidi.

Kapal perintis milik Subsea Lintas Globalindo ini digunakan dikarenakan hanya kapal Sabuk Nusantara 89 ini yang rutin melakukan pelayaran dari Pelabuhan Pantoloan Palu ke Pelabuhan Dede Tolitoli.

Sebelumnya, para jamaah haji ini juga menggunakan kapal yang sama saat akan berangkat menunaikan ibadah haji dari Tolitoli ke kota transit di Palu.

Kapal Perintis Sabuk Nusantara sendiri menjadi moda transportasi andalan masyarakat sulawesi tengah  yang menghubungkan kota-kota kecil di Sulawesi Tengah.(abd)

Silakan komentar Anda Disini….