Tutup
Nasional

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Sulteng jadi Netizan Kritis

×

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Sulteng jadi Netizan Kritis

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes -Hidup di era Post-Truth (pascakebakaran), mengharuskan kita kritis kepada semua informasi yang tersedia di platform digital.

“Saat ini informasi yang mencari kita. Kalau dulu, kita yang mencari informasi,” kata Dr. Eko Pamuji, M.I.Kom, Sekjen PWI Jatim, kepada media ini, Senin 15 Mei 2023.

Advertising

Dr. Eko menjadi salah satu pembicara dalam webinar yang akan dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), bersama masyarakat Tolitoli Sulawesi Tengah, pada Rabu, 17 Mei 2023.

Kali ini, Kemenkominfo mengusung tema “Kebal Hoaks: Ayo jadi Netizan Kritis”.

Terkait tema tersebut, Dr. Eko mengatakan masyarakat harus mampu menyaring segala berita atau informasi yang masuk melalui perangkat digital mereka.

“Jangan langsung percaya, usahakan untuk melakukan cek fakta dengan cara mencari perbandingan melalui search engine pada browser kita,” kata Eko

Lebih lanjut ia mengatakan, pastikan bahwa informasi atau berita yang kita terima tersebut terkonfirmasi melalui media-media arus utama. Sebab kata Eko, media arus utama mempunyai standar etik  dalam memproses sebuah informasi menjadi berita.

“Kalau belum atau tidak ada beritanya di media arus utama, jangan dulu dipercaya atau disebarkan. Jangan sampai, kita justeru berkontribusi pada penyebaran berita bohong atau hoax,” tambahnya.

Dr. Eko,  dalam webinar tersebut akan membahas tentang Etika Digital. Antara lain ia akan memberikan tips agar bagaimana netizen bisa kritis dalam bermedia sosial.

Saring Sebelum Saring, Pilah-pilih sebelum sebar konten, Cerdas berinternet, Gunakan logika untuk bedakan fakta dan hoaks, adalah beberapa poin yang akan Ia sampaikan pada peserta webinar.

Sementara itu, pembicara lainnya, Dr. Astri D. Andriani, Rektor Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur, akan hadir membahas pilar Literasi Digital, yakni – Cakap Digital.

Ia mengajak warga Sulteng menjadi Pejuang Anti Hoaks, dengan cara Memgenali hoax dan mengapa penyebarannya begitu masif, serta apa saja langkah-langkah menghindari hoax.

 Sedangkan pembicara ketiga, Inta Oceania, Host yang juga influecer ini,  akan membahas  Keamanan Digital, dengan topik khusus, “Bijak Bermedia Sosial, Jangan Asal Sebar di Internet”.

Kegiatan ini akan dipandu oleh Angga Andrias S.Pd , bersifat gratis dan terbuka untuk siapa saja yang ingin mengikuti kegiatan yang akan menambah pengetahuan ini.

Calon peserta cukup  meng-klik link ini : https://s.id/registrasikabtolitoli_1705 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara  sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulawesi Tengah. Dan kali ini, penyelenggara  menyasar komunitas-komunitas di Sulteng.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.**

Silakan komentar Anda Disini….