Tutup
Dunia Islam

Ndengu-ndengu, Tradisi musik di menara oleh warga Bungku Setiap Bulan Suci Ramadhan

×

Ndengu-ndengu, Tradisi musik di menara oleh warga Bungku Setiap Bulan Suci Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Ndengu-ndengu yang dibangun di halaman Masjid Islamic Center Bungku. (Foto: Ahyar Lani/KabarSelebes.id)

MOROWALI, Kabar Selebes – Setiap memasuki bulan suci Ramadhan, khususnya kalangan anak muda dan remaja di Bungku, memainkan tradisi Ndengu-ndengu.

Tradisi Ndengu-ndengu merupakan kebiasaan warga memainkan alat musik tradisional, seperti gendang, gong, dan beberapa alat musik tradisional lainnya. Ini sudah mentradisi bagi warga Bungku, Morowali, Sulteng.

Advertising

Dimainkan disebuah menara yang terbuat dari tiang bambu, dengan beratapkan rumbia atau seng, dan beralaskan bambu atau papan. Ketinggiannya mencapai 10 meter hingga 20 meter.

“Ndengu-ndengu ini sudah menjadi tradisi kami sebagai orang Bungku, setiap bulan puasa selalu kami mainkan,” ujar Andi, salah satu remaja Bungku kepada KabarSelebes.id pada Rabu (05/03/2023) malam.

Ndengu-ndengu dimainkan saat Sholat Tarwih selesai dilaksanakan di masjid, dan saat menjelang sahur atau membangunkan warga untuk sahur. Ndengu-ndengu dibangun di sekitar halaman masjid atau berada diseputaran masjid.

Untuk melestarikan tradisi Ndengu-ndengu, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali memberikan penilaian terhadap setiap Ndengu-ndengu. Hasil penilaian akan diumumkan sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri. (ahl)

Silakan komentar Anda Disini….