Tutup
Sulawesi Tengah

Warga di Tojo Unauna Mengeluh, harga Beras Melonjak

×

Warga di Tojo Unauna Mengeluh, harga Beras Melonjak

Sebarkan artikel ini
Salah satu pedagang beras di Ampana.(Foto: Ipul)

AMPANA, Kabar Selebes – Harga beras sepekan terakhir di Kabupaten Tojo Unauna  molanjak drastis. Sebelumnya  harga beras berkisar Rp10.000 kini naik menjadi Rp14 ribu / kg.

Bahkan, untuk wilayah kepulauan harga beras menembus hingga Rp16 .000 / Kg.

Advertising

Ibu Mastia, salah seorang pedagang beras yang ditemui di Kelurahan Dondo Selasa (21/2/2023) mengatakan bahwa kenaikan harga beras disebabkan adanya kenaikan harga saat dipasok dari Sulawesi Selatan.

“Harga beras yang datang dari Sulawesi Selatan berbeda beda harganya dan kami hanya terima di tempat,” kata Mastia.

Dia mengakui kenaikan harga beras ini membuat masyarakat heran, namun sebagai pedagang dia juga tidak bisa berbuat banyak juga karena hanya membeli dengan harga mahal.

Marsel, salah satu pengecer beras yang ada di Jalan Tanjung Kramat Kelurahan Dondo mengatakan harga beras naik dari Rp630.000/karung dan kemungkinan bisa sampai Rp650.000/karung .

“Kami sebagai penampung kemungkinan akan menjual per kilo dari Rp14 ribu sampai Rp15 ribu /kg.  Jadi penjualan penampung dan pengecer itu berbeda harga,” kata Marsel .

Di tambahkan Marsel di kepulauan harga beras dari Rp16.000/kg bahkan ada yang jual Rp17.000/kg dan untuk beras biasa Rp14.000/kg.

Ketika ditanya penyebab kenaikan, kata Marsel karena Toili dan Tolai tidak panen  sehingga terjadi kenaikan beras sementara yang ada semua dari Sulawesi Selatan.(shl)

Silakan komentar Anda Disini….