Tutup
Sulawesi Tengah

Gubernur Sulteng Bangun Rumah Sakit Gratis untuk Warga Miskin dari Dana Pribadi Tenaga Ahli

×

Gubernur Sulteng Bangun Rumah Sakit Gratis untuk Warga Miskin dari Dana Pribadi Tenaga Ahli

Sebarkan artikel ini
Gubernur Suteng Rusdi Mastura berpose bersama Wakil Walikota Palu serta sejumlah pejabat.(Foto: Ropim)

PALU, Kabar Selebes – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, mencanangkan lokasi bekas RS Undata Palu menjadi tempat pembangunan rumah sakit gratis, Jumat  (27/1/ 2023).

Rumah sakit gratis itu nantinya akan diperuntukkan bagi masyarakat miskin di daerah ini.

Advertising

Rencana pembangunan rumah sakit gratis itu dipercayakan kepada Tenaga Ahli Gubernur Sulteng Rony Tanusaputra sebagai pelaksana program.

Pada kesempatan itu, Rony Tanusaputra menyampaikan terimakasih atas Kehadiran dan Perkenan dari Gubernur untuk melakukan pencanangan pembangunan rumah sakit gratis.

“Inisiatif pembangunan rumah sakit gratis kepada masyarakat yang kurang beruntung sudah sejak lama direncanakan Gubernur H. Rusdy Mastura, jauh sebelum Beliau menjadi Gubernur.  Inisiatif yang mulia ini sudah direncanakan beliau,” kata Rony.

Pembangunan rumah sakit gratis ini nantinya akan didanai melalui dana pribadi dari Rony Tanusaputra bersama pengusaha yang sudah berkomitmen untuk beramal di dalam pembangunan rumah sakit ini.

Rony Tanusaputra menyampaikan nantinya operasional RS ini akan didukung dana dari pihak swasta yang memiliki kemauan untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung dan dipergunakan oleh masyarakat yang kurang beruntung dan tidak terkafer pada BPJS.

“Semoga niat dan keinginan mulia Gubernur bisa terwujud dengan dukungan doa dari seluruh masyarakat Sulawesi Tengah,” harap Rony.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. I komang Adisujendra, Sp,PD , menyampaikan bahwa lokasi Ex. RS Undata seluas 27.110 M dan sangat representatif untuk terus dikembangkan menjadi sarana kesehatan.

Kadis Kesehatan Juga menyampaikan bahwa Jaminan Kesehatan Masyarakat Sulawesi Tengah pada BPJS melalui JKN dan Jamkesda sudah mencapai 98% dengan Alokasi Anggaran Jamkesda sebesar 47 M.

“Tetapi kadang kadang masyarakat pemilik BPJS tidak mampu bayar Iuran tiba-tiba jatuh sakit sehingga tidak terlayani di RS maka rencana pembangunan rumah sakit gratis menjadi alternatif tempat perawatan kepada masyarakat kita yang tidak mampu atau mampu tiba-tiba karena kondisi ekonomi menjadi tidak mampu,” kata komang Adisujendra.

Acara pencanangan tersebut , dihadir Wakil Walikota Palu, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.(*/abd)

Silakan komentar Anda Disini….