Tutup
Sulawesi Tengah

Jumat Curhat, Polsek Moutong Dengarkan Saran dan Keluhan dari Warga Secara Langsung

×

Jumat Curhat, Polsek Moutong Dengarkan Saran dan Keluhan dari Warga Secara Langsung

Sebarkan artikel ini

MOUTONG, Kabar Selebes — Kepolisian Sektor (Polsek) Moutong menggelar program Jumat Curhat bersama jamaah yang dirangkaikan dengan shalat Jumat di Masjid Alhuda Desa Moutong Utara Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong, Jumat 30 Desember 2022 pukul dua belas siang.

Kapolsek Moutong AKP. Suradi, S.Sos dalam paparannya mengatakan, kegiatan Jumat Curhat merupakan tindak lanjut dari program Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang di deklarasikan pada November 2022 lalu.

Advertising

” Ini merupakan program bapak kapolri guna mempererat tali silaturahmi bersama masyarakat. Selain itu, ini sebagai bentuk kedekatan polri bersama warga,” ucap Suradi.

Menurut mantan Kapolsek Poso Pesisir ini, kegiatan Jumat Curhat juga sebagai bentuk kesempatan masyarakat wilayah Moutong Utara untuk curhat atau mengenai permasalahan yang berkaiyan dengan keamanan dan ketertiban  masyarakat (kantibmas) sebelum terjadi, bisa di tanggapi dan dicegah dengan cepat.

“Nah disini, warga silakan mengutarakan unek-uneknya, keluhan atau saran tanpa harus mendatangi Polsek Moutong. Karena sekecil apapun yang disampaikan  jamaah. Itu merupakan info penting dalam upaya kami menciptakan suasana damai dan aman di Desa Moutong Utara khususnya dan Kecamatan Moutong  umumnya,” ungkap Suradi.

Disamping itu, komandan murah senyum itu juga mengatakan, jumat curhat adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap jumat dengan cara  menyambangi warga.

“Jadi setiap jumat kita datangi warga. Bukan hanya di masjid pak, tetapi juga dimana adanya warga berkumpul atau kita kumpulkan warga untuk mendengarkan curhatan mereka. Sehingga warga terlibat langsung dalam upaya menciptakan kantibmas karena curhatan mereka akan kita tindak lanjuti secara langsung,” terang Suradi.

“Berkaitan dengan perayaan tahun baru 2023, orang nomor satu di korps baju cokelat di kecamatan paling ujung utara Parigi Moutong itu mengimbau agar kiranya dalam perayaan tahun baru, diisi dengan kegiatan ditempat ibadah dan dzikir bersama.

“Silakan berdzikir, kami akan bantu keamanannya. Tutup tahun 2022 dan sambut baru 2023 dengan suasana baik dan religius. Itu jauh lebih baik  dari pada kegiatan yang tak berguan,” imbuhnya.

Suradi iuga secara tegas menyatakan tak segan-segan akan menindak tegas pelaku kriminalitas yang mengusik dan mengganggu ketenangan warga.

“Jika ada pelaku kriminal, tidak perlu menunggu tahun baru pak.  Asal ada korban, terus korban keberatan dan membuat laporan tertulis. Kami akan proses sesuai prosedur hukum yang berlaku,” tegasnya.

Mengenai saran warga agar adanya patroli diatas pukul 22:00, Suradi menyampaiakan akan meningkatkan patroli lagi.

“Personil kami setiap malamnya telah rutin melakukan patroli. Insya Allah kami akan tingkatkan lagi agar situasi di semua wilayah Kecamatan Moutong kondusif,” urai Suradi  saat dihubungi KabarSelebes.id via aplikasi WhatsApp, Jumat (30/12) petang. (hcb)

Silakan komentar Anda Disini….