Tutup
Palu

Pemkot  Palu Monitoring Progres Pencegahan dan Penanganan KBG dan Perkawinan Anak

×

Pemkot  Palu Monitoring Progres Pencegahan dan Penanganan KBG dan Perkawinan Anak

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Wali Kota Palu diwakili Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Dr. Muhammad Rizal secara resmi membuka pelaksanaan monitoring berkaitan dengan gender pada Rabu, 16 November 2022 di Hotel Santika Kota Palu.

Kegiatan tersebut bertajuk “Monitoring Progres Pelaksanaan Dukungan Kegiatan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan Praktek Berbahaya (Perkawinan Anak dan FGM/C).”

Advertising

Monitoring ini diselenggarakan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI melalui Biro Perencanaan dan Keuangan bekerjasama dengan United Nations Population Funds (UNFPA).

Selain Kota Palu, ada beberapa daerah lainnya yang juga menjadi Daerah Piloting untuk monitoring tersebut antara lain DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Tangerang, Sigi, dan Cirebon.

Hal ini sejalan dengan Lima Arahan Presiden salah satunya penurunan kekerasan terhadap perempuan yang dikuatkan dengan rekomendasi lima prioritas pencegahan kekerasan.

Antara lain yaitu (1) Prioritas pada aksi pencegahan kekerasan, (2) Perbaiki sistem pelaporan dan layanan pengaduan.

Kemudian (3) Lakukan reformasi besar-besaran pada manejemen penanganan kasus KTP dan anak dengan membentuk one stop services agar penanganan dapat dilakukan dengan cepat, terintegrasi, dan komprehensif.

(4) Laksanakan proses penegakkan hukum yang memberikan efek jera dan memberikan layanan pendampingan bantuan hukum, dan (5) Berikan layanan rehabilitasi sosial dan reintegrasi sosial.(iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….