Tutup
Palu

Pemkot Palu Jadwalkan Evaluasi Penyaluran BLT BBM

×

Pemkot Palu Jadwalkan Evaluasi Penyaluran BLT BBM

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Romy Sandi Agung. (ANTARA/Moh Ridwan)

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah menjadwalkan evaluasi hasil penyaluran bantuan tunai langsung pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BLT BBM) dan bantuan sosial tunai sembako pada pekan depan bersama PT Pos Indonesia.


“Kami jadwalkan pekan depan pertemuan bersama pihak Kantor Pos Cabang Sulteng dan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) membahas apa saja kendala di lapangan saat penyaluran,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Palu Romy Sandi Agung yang dihubungi di Palu, Jumat.

Advertising


Ia mengemukakan evaluasi salah satu tahapan penting dalam melakukan pengawasan penyaluran bansos, sebagaimana petunjuk teknis pelaksanaan yang dikeluarkan Kementerian Sosial (Kemensos).


Tujuan evaluasi sebagai bagian dari upaya percepatan, termasuk memastikan penyaluran tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, serta tepat administrasi.

“Belum ada laporan gagal bayar kami terima, artinya hingga hari ke-13 penyaluran berjalan normal,” ujar Romy.


Menurut data Kantor Pos Cabang Palu per 14 September 2022, realisasi penyaluran BLT BBM dan bansos tunai sembako di daerah itu mencapai 95 persen atau 16.401 keluarga sasaran dari alokasi 17.284 rumah tangga sasaran.


Oleh karena itu, ia meminta pihak Kantor Pos segera menyelesaikan pembayaran terhadap 883 rumah tangga sasaran, yang mana dalam proses penyaluran menggunakan tiga skema, yakni dari rumah ke rumah khusus bagi penerima manfaat penyandang disabilitas, lanjut usia (lansia), dan penerima yang sedang sakit.


Skema selanjutnya, pembayaran di Kantor Pos yang diatur sesuai jadwal masing-masing kelurahan dan kecamatan, serta penyaluran berbasis komunitas atau penyaluran yang dilakukan oleh petugas PT Pos bagi keluarga sasaran yang berada di wilayah terpencil.


“Paling tidak bantuan ini dapat membantu ketahanan ekonomi masyarakat akibat penyesuaian harga BBM bersubsidi,” kata Romy.(ant/abd)

Sumber :Antara

Silakan komentar Anda Disini….