Tutup
Sulawesi Tengah

Diisukan Lulusan Kedokterannya tak Bisa Melanjutkan Studi, Ini Kata Rektor Universitas Alkhairaat Palu

×

Diisukan Lulusan Kedokterannya tak Bisa Melanjutkan Studi, Ini Kata Rektor Universitas Alkhairaat Palu

Sebarkan artikel ini
Rektor Unisa Palu Dr. Umar Alatas, S.Pi, M.Si (Foto: Abdee Mari)

PALU, Kabar Selebes – Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu menyayangkan adanya isu yang menyebut bahwa lulusan Fakultas Kedokteran Unisa tidak bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Isu yang menyebar di media sosial itu dianggap menyesatkan dan merugikan perguruan tinggi pertama di Sulawesi Tengah tersebut.

Rektor Unisa Palu Dr. Umar Alatas, S.Pi, M.Si mengatakan, isu itu sengaja dihembuskan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Dia mengatakan, hingga saat ini data di Unisa Palu menyebut beberapa lulusan Fakultas Kedokteran Unisa Palu tercatat sedang menjalani pendidikan pascasarjana dan spesialis di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Advertising

“Saya cukup menjawabnya dengan data. Saat ini ada alumni kedokteran Unisa yang sedang melajutkan pendidikan di luar. Tahun ini alumni kita  ada diterima di Unhas, pertama Muhammad Nofal Farlan dan kedua Muhammad Fikri Mahmudin,” jelas Umar Alatas, Rabu (29/6/2022).

Muhammad Nofal Farlan kata Umar melanjutkan ke prodi anastesiologi, semetara Muhammad Fikri Mahmudin mengambil spesialis Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, keduanya di Universitas Hasanuddin (Uhnas) Makassar.

“Kita juga ada data bahwa alumni kita diterima di beberapa tempat baik PNS maupun di kepolisian. Ini gambaran tetang fakultas kedokteran di Unisa,” lanjut Umar.

Dia mengakui, setiap tahun ajaran baru isu miring tentang Unisa Palu selalu saja muncul. Isu itu menyebut bahwa Unisa Palu akan tutup. “Dan faktanya tidak demikian,” tegasnya. tak bertanggung jawab

Menurut dia, setiap tahun pihaknya sudah melaporkan pihak-pihak yang menjatuhkan Unisa Palu itu ke pihak kepolisian. Namun karena penyebar isu itu menggunakan nama anonim maka selalu susah untuk diungkap.

“Kami berharap pihak kepolisian menertibkan akun-akun media social seperti ini agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat,” tandasnya.

Saat ini, Unisa Palu sedang melakukan pengembangan yakni menambah sejumlah fakultas dan program studi agar perguruan tinggi itu bisa bersaing dengan yang lain.(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….