Tutup
Palu

Pimpin Apel Kesadaran Nasional dan Hari Pendidikan, Wakil Walikota Palu  Minta ASN Ubah Pola Pikir

×

Pimpin Apel Kesadaran Nasional dan Hari Pendidikan, Wakil Walikota Palu  Minta ASN Ubah Pola Pikir

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Wakil Walikota Palu dr. Reny A Lamadjido memimpin Apel Kesadaran Nasional dirangkaikan dengan upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022.

Upacara dilaksanakan di halaman kantor Walikota Palu pada Selasa 17-05-2022 pukul 07.15 Wita. Hadir pula Sekda Kota Palu Irmayanti, S.Sos, M.M serta para kepala OPD, tenaga pendidik sekaligus penerima Satya Lencana Karyasatya Disdik Kota Palu.

Advertising

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Palu  menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1443 hijriah/2022 masehi, minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Selama satu bulan kita telah berlatih untuk selalu melakukan yang terbaik. Selama ramadhan, kita maksimalkan dengan mengisi berbagai ragam amalan. Pola hidup dilakukan secara teratur. Secara sadar, kita mengatur jam sahur, waktu tadarus, menyiapkan penganan atau takjil untuk berbuka puasa, serta ibadah di malam hari.

Proses itu dilalui dengan penuh keikhlasan dan integritas. Hal ini dilakukan, karena kita menyadari untuk mencapai predikat taqwa sebagai tujuan dari berpuasa, tidak segampang dan semudah yang kita bayangkan. Butuh proses, butuh kejujuran, dan butuh keikhlasan untuk mampu menjadikan diri kita ke derajat muttaqin.

Perubahan sikap dan pola pikir bagi saudara-saudara selaku aparatur sipil kami dan amalan saudara-saudara selama di bulan suci ramadhan. Aamiin.

Pada kesempatan peringatan hari pendidikan nasional, saya ingin menyampaikan penghargaan setinggi tingginya kepada tenaga pendidik dan kependidikan serta dinas pendidikan dan kebudayaan kota palu.

Berkat kerja kerja keras dan kerja cerdasnya, alhamdulillan indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Palu tahun 2021 terus mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori tinggi yakni 81,7 point.

Meningkat dari tahun 2020 yang hanya 81,47 point. Capaian IPM kota palu lebih tinggi dari capaian nasional tahun 2021 hanya sebesar 72,29 point. Kontribusi komposit pendidikan dilihat dari rata-rata lama sekolah di Kota Palu meningkat dari 11,61 tahun di tahun 2020 menjadi 11,72 di tahun 2021.

Begitupun dengan harapan lama sekolah dari 16,23 tahun di tahun 2020 meningkat menjadi 16,28 tahun di tahun 2021. Hal ini menjadi prestasi bagi seluruh insan pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Palu. Semoga di hari pendidikan nasional ini akan semakin memacu semangat untuk memajukan dan mewujudkan kualitas pendidikan yang merata di Kota Palu.

Menariknya, apel kesadaran nasional dan hari pendidikan nasional juga diselingi dengan penampilan lagu dari penyanyi cilik pemenang lomba nyanyi solo Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi Sulteng.

Adalah penyanyi Aura Latisha Aquina siswa SDN Madani Palu tampil dengan membawakan lagu Profil Pelajar Pancasila.(iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….