Tutup
PilihanPON Papua

Lagi, Atlet Taekwondo Firilia Dinisa Sumbang Perak, Sulteng di Urutan 19 PON Papua

×

Lagi, Atlet Taekwondo Firilia Dinisa Sumbang Perak, Sulteng di Urutan 19 PON Papua

Sebarkan artikel ini
Atlet Taekwondo Sulteng Firilia Dinisa kanan saat bertarung melawan Yunida Hary Wardani asal Jawa Timur. Dinisa menang dengan skor 15-8. Dinisa meraih medali perak dan menjadi medali ketiga bagi kontingen Sulawesi Tengah di ajang PON XX Papua 2021. (Foto: Kiriman Agus Manggona)

JAYAPURA, Kabar Selebes – Atlet Taekwondo Sulteng Firilia Dinisa yang turun di nomor pertandingan kyorugi under 49 kg kembali menyumbangkan medali PerakĀ  bagi kontingen Sulteng diajang Multy Event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Dibabak penyisihan yang berlangsung di GOR Politeknik Penerbangan Jayapura,  Senin 4 Oktober 202, Dinisa tampil sangat agresif dan gemilang saat menghempaskan lawannya Yunida Hary Wardani asal Jawa Timur dengan poin 15-8.

Advertising

Kemudian di babak semifinal Firilia Dinisa, kembali menunjukan ketangguhannya saat bertarung dan mengalahkan Dia Putri Ananda atlet asal DKI Jakarta. Pertarungan sengit kembali tersaji. Bahkan kejar mengejar poin sempat terjadi, namun berkat ketangguhan serta kecerdasan melalui tendangan kepala Dinisa berhasil meraih poin penuh dan menang mutlak dengan point 22-15.

Dibabak final, Dinisa berhadapan dengan Megawati Tamesti atlet Jawa Barat.

Laga pertarungan harga diri yang disaksikan langsung Wakil Bupati Sigi Samuel J Pongi, Sekum KONI Sulteng Husin Alwi, Bendum Andi Nur B Lamakarate serta Imelda Liliana Muhidin Said, Taekwondowin Dinisa harus mengakui  ketangguhan Megawati. Ia kalah telak dengan skor 15.0 sehingga hanya bisa menyumbangkan medali perak bagi Sulteng.

Wakil Bupati Sigi yang juga mantan atlet Taekwondo Sulteng mengaku sangat puas dan bangga atas capaian atlet-atlet Taekwondo Sulteng utamanya Dinisa, karena ia  berhasil menyumbangkan medali perak bagi Sulteng.

“Kekalahan ini karena faktor kelelahan, namun kita besyukur bisa meraih medali perak,”  pungkasnya.

Sementara Sekum KONI Sulteng Husin Alwi mengungkapkan capaian Dinisa hingga tembus babak final merupakan prestasi yang luar biasa.

“Kita memang harus mengakui atlet Jabar yang memiliki pertahanan bagus. Kedepan kita akan evaluasi atas  sehingga kekurangan-kekurangan ini bisa diperbaiki,” pungkasnya.

Sebelumnya atlet Taekwondo Sulteng Rizki Ramadhan yang turun di nomor pertandingan kyorugi under 74 kg harus pula mengakui ketangguhan Dinisa Mara Astrid asal Sumatera Barat. Begitupun Taekwondowin Trifitra Angraeni yang turun di kelas kyorugi under 73 kg juga mengalami kekalahan dari  Delva Rizki asal Sumatera Barat.

Meski demikian, skuad Taekwondo Sulteng telah berberhasil mengumpulkan pundi-pundi medali bagi kontingen Sulteng. Dimana sehari sebelumnya, atlet Abdul Rahman Darwin yang turun di nomor Poomsae Tunggal berhasil menyumbangkan medali emas. Kemudian dari nomor Poomsae Beregu yang menurukan Abdul Rahman Darwin, Rafik Fitra dan Johansen Vicensen berhasil menyabet  medali perak.

Dengan capaian medali ini telah mengangkat daftar porelahan medali Sulteng diperingkat ke 19 dengan torehan medali 1 Emas, 3 Perak dan 1 Perunggu. (agm/ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini….