Tutup
Sulawesi Tengah

112 Sekolah di Parigi Moutong Laksanakan ANBK

×

112 Sekolah di Parigi Moutong Laksanakan ANBK

Sebarkan artikel ini
Tampak peserta didik di salah satu SMP tengah mengikuti ANBK, Senin (4/10/2021). (Foto: Roy Lasakka)

PARIGI, Kabar Selebes – Sebanyak 112 satuan pendidikan tingkat SMP di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK yang dimulakan sejak Senin, 4-7 Oktober 2021.

“Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong, Aminuddin, usai meninjau salah satu sekolah yang melaksanakan ANBK di Kecamatan Parigi.

Advertising

Dia mengatakan, kegiatan tersebut, juga sebagai upaya pemetaan mutu pendidikan yang diikuti para siswa dan siswi hingga tenaga pendidik.

Sedangkan penilaiannya berdasarkan hasil lembaran yang diisi oleh peserta didik.

Dia juga menjelaskan, asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi yang akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar.

Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Asesmen nasional ini, kata dia, dilaksanakan dalam tiga instrumen utama, yaitu asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

“Tiga komponen ini menjadi dasar penilaian. Berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Makanya tidak ada standar yang diberlakukan,” jelasnya.

Dia mengaku dalam pelaksanaan ANBK ini mengalami beberapa kendala, diantaranya masalah jaringan internet dan kehadiran siswa.

Namun, kegiatan ini dipastikan tidak akan ada pengulangan.

Sebab, pihak sekolah telah mengatasi hal tersebut dengan menyediakan android apabila mengalami kendala terkait jaringan internet ketika menggunakan komputer atau leptop.

“Kegiatan ini, kami targetkan pelaksanaannya selama empat hari yang dibagi dua tahap. Tahap pertama untuk peserta didik dan tahap kedua khusus para guru yang akan di asesmen,” kata Aminuddin.(rls)

Laporan : Roy Lasakka

Silakan komentar Anda Disini….