Tutup
PilihanPilkada

AT-FM Programkan Bumdes Untuk Masyarakat Banggai

×

AT-FM Programkan Bumdes Untuk Masyarakat Banggai

Sebarkan artikel ini
Suasana pengukuhan relawan dan tim sukses koalisi partai Pasangan bakal calon Pilkada Banggai, Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili, Jumat (11/9/2020). (Foto: Istimewa)

BANGGAI, Kabar Selebes – Pasangan bakal calon Bupati Banggai Amirudin Tamoreka (AT) dan Furqanudin Masulili (FM), membeberkan sembilan  program kerjanya kedepan jika terpilih dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Program itu dipaparkannya ketika menggelar pengukuhan relawan dan tim sukses koalisi partai di wilayah Kecamatan Bunta, Nuhon dan Simpang Raya, Jumat (11/9/2020).

Advertising

Ada beberapa program yang ‘mencuri’ perhatian ribuan masyarakat yang hadir ketika itu, salah satunya memberikan modal usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk seluruh wilayah di Kabupaten Banggai tanpa harus merogoh Alokasi Dana Desa (ADD).

Bahkan Amirudin Tamureka tidak tanggung-tanggung menyebut angka Rp.500 juta untuk setiap BUMDes jika terpilih nantinya.

Selain itu, pelayanan kesehatan gratis yang diharapkan oleh warga pra sejahtera menjadi keseriusan pihaknya dalam menjalankan roda pemerintahan kelak.

Demikian pula kata Amirudin dengan pemberdayaan Petani, nelayan tangkap dan budidaya. Pihaknya mengaku akan membuka peluang pasar lokal antar pulau bahkan ekspor.

“Soal membuka peluang pasar untuk menjual hasil produksi warga adalah satu solusi untuk mengeraskan kesenjangan sosial, salah satu solusinya adalah dengan memberikan pernyataan modal ke BUMDes, agar usaha desa berjalan dengan sehat tanpa harus menunggu suntikan dana dari DD (Dana Desa) maupun ADD (Anggaran Dana Desa),” ujarnya.

Sementara di sektor kesehatan, pasangan ini  juga mengedepankan kepentingan warga dengan memaksimalkan pelayanan kesehatan. Salah satu pelayanan itu ialah dengan menyediakan BPJS atau fasilitas kesehatan gratis lain untuk masyarakat.

Menurut Amir, secara keseluruhan pelayanan kesehatan saat ini terus dibenahi guna memberikan layanan yang maksimal.

Sebagai catatan kata dia, apabila rakyat memberikan amanah untuk memimpin daerah Banggai, pihaknya akan memberikan dua unit mobil ambulans disetiap kecamatan guna mempermudah akses warga menikmati layanan kesehatan.

”Tentunya, saat ini layanan kesehatan terus kita tingkatkan. Kita berharap program kesehatan lebih baik dan maksimal,” ujarnya.

Sebagai Closing statemen Amir menyatakan, yang menjadi prioritas pihaknya jika terpilih nanti adalah membuka lapangan kerja seluas-luasnya serta memberdayakan ekonomi rakyat baik disektor pertanian dan nelayan tangkap.

Dimana hasil produksi warga akan difasilitasi pemasarannya, baik pasar antar pulau maupun ekspor sehingga dapat menggerakkan gerbong perekonomian rakyat.

“Pertumbuhan ekonomi rakyat harus didorong oleh pemangku kebijakan sehingga kesenjangan sosial yang terjadi saat ini dapat diminimalisir,” tandasnya. (emy/ap)

Laporan : emay

Silakan komentar Anda Disini….