Tutup
PilihanSulawesi Tengah

SAMTA, Pencuci Tangan Inovatif Karya Alumni UNTAD

×

SAMTA, Pencuci Tangan Inovatif Karya Alumni UNTAD

Sebarkan artikel ini
Mohammad Ari Ansar

PALU Kabar Selebes – Berbagai inovasi dilakukan oleh berbagai pihak utamanya di Sulawesi Tengah untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Salah satunya usaha yang dilakukan oleh Mohammad Ari Ansar pria asal Moutong, Sulawesi tengah, yang mencoba memproduksi alat pencuci tangan yang aman dan murah diberi nama SAMTA.

Advertising

Mahasiswa alumni pasca sarjana Universitas Tadulako ini mengungkapkan, saat ini penggunaan SAMTA belum difungsikan utuh sebagai pembersih tangan.

“Butuh beberapa alat seperti wastafel untuk membilas,” kata Mohammad Ari Ansar Minggu (3/5/2020).

Dalam penggunaannya SAMTA bekerja membersihkan tanpa bersentuhan langsung dengan botol antiseptik. Ini dilakukan saat mengambil cairan antiseptik atau sabun tidak lagi bergantian menyentuh dengan tangan bagian tutup botol antiseptik.

Sebagai gantinya, fungsi menekan semprotan dialihkan menggunakan pijakan kaki yang biasanya memakai sendal atau sepatu.

Lanjutnya, SAMTA dilengkapi alat Arduino Uno dengan sensor jarak yang secara otomatis medeteksi keberadaan objek hingga 1 meter. 

“Ini penting untuk menerapkan social distancing,” katanya.

Ia mengaku alat ini masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut, dan  alat ini harapnya mampu mengurangi  resiko rantai penyebaran Covid-19.

Demikian, ia berharap Pemerintah daerah dapat membantunya dalam mengembangkan alat agar diproduksi lebih banyak untuk masyarakat. 

“Saya harap Pemerintah Desa bersedia membiayai agar semua orang lebih aman dalam mencegah tertularnya Corona,” pungkasnya. (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….