Tutup
Sulawesi Tengah

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulteng: Penyebaran Virus Kini Lewat Transmisi Lokal

×

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulteng: Penyebaran Virus Kini Lewat Transmisi Lokal

Sebarkan artikel ini
dr Jumriati Yunus

PALU, Kabar Selebes – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Tengah, dr Jumriani menyampaikan kondisi terkini situasi Covid-19 di Provinsi Sulawesi Tengah, Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 220 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 30 orang. Penyebarannya kini sudah melalui orang ke orang atau transmisi lokal.

“Konfirmasi positif (Covid-19) ada 22 orang, yang dinyatakan meninggal ada 3 orang dan dinyatakan sembuh ada 2 orang,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, dr Jumriani, Kamis (16/4) melalui keterangan tertulis dari Biro Humas Pemprov Sulteng.

Advertising

Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berada di sekitar kita merupakan sumber penularan dari Covid-19,sehingga dinas kesehatan kabupaten/kota Se Sulawesi Tengah sudah melakukan tracking ketat pada semua kontak erat pasien terkonfimasi positif.

“Disiplin untuk penggunaan masker harus kita tingkatkan, disiplin untuk social distancing harus kita tingkatkan, disiplin untuk physical distancing harus kita tingkatkan,” tuturnya.

Lanjut Ia pun mengungkapkan penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tengah bukan lagi disebabkan oleh kasus import yang dibawah oleh orang di luar Sulawesi Tengah.

“Penyebaran virus ini sudah melalui orang ke orang (transmisi lokal) yang ada di Kota Palu,” jelasnya mengingatkan.

Untuk itu, Ia pun mengharapkan agar masyarakat dapat mematuhi seluruh himbauan yang disampaikan oleh Pemerintah, TNI / Polri, karena penghentian penyebaran Covid-19 ditentukan dari kepatuhan masyarakat untuk disiplin. (*/ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini….