Tutup
PilihanSulawesi Tengah

Senin Kota Palu Mulai Berlakukan Buka Tutup, Pemkot Harap Tidak Timbulkan Kegaduhan

×

Senin Kota Palu Mulai Berlakukan Buka Tutup, Pemkot Harap Tidak Timbulkan Kegaduhan

Sebarkan artikel ini
Walikota dan Wawali jelang tutup pintu masuk Kota Palu. (foto: FB Andien Hatim)

PALU, Kabar Selebes – Hari Senin 13 april 2020, Pemerintah Kota Palu mulai berlakukan sistem buka tutup di tiap titik perbatasan jalur darat yang dimulai setiap  Pukul 22:00 – 07:00 WITA selama masa pandemic virus Corona.

Ada 3 jalur darat dari 6 pos yang diberlakukan buka tutup oleh pemkot. Selain memberlakukan sistem buka tutup, setiap masyarakat yang memasuki kota Palu nantinya akan diperiksa kesehatannya guna mengantisipasi penyebaran Corona.

Advertising

Walikota Palu Drs. Hidyat M.Si, meminta para warga nantinya yang memasuki Kota Palu agar bersabar. Pasalnya kata dia, di pos pemeriksaan pasti akan antri karena adanya pemeriksaan kesehatan.

“Atas nama pemerintahan Kota Palu, Kami memohon maaf, tapi tujuannya tidak lain adalah masyarakat kota Palu merasa aman selama masa pandemik Corona,” kata Hidayat dalam keterangan pers di Baruga Lapangan Vatulemo Palu, pada Minggu Malam (12/04/2020).

Dengan adanya antrian ini lanjutnya, diharapkan agar masyarakat nantinya tidak membuat reaksi secara berlebihan, agar tidak terjadinya kegaduhan selama mengantri. Untuk itu,pemerintah kota sudah bekerja sama dengan TNI dan Polri agar pemeriksaan di tiap pos berjalan dengan kondusif.

“Jika ada yang bereaksi secara berlebihan, kami sudah bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk menindak tegas orang yang membuat kegaduhan,” tegasnya.

Untuk memastikan kesiapan di tiap pos, pada minggu sore pukul 15:30 WITA, Pemerintah Kota Palu telah melakukan tinjauan bersama dengan TNI Polri.  Dari hasil tinjauannya di pos, Hidayat menyatakan, persiapan tiap pos sudah berjalan dengan maksimal dan siap melayani masyarakat.

“Insya Allah Pos sudah siap untuk memberi pelayanan kepada semua warga yang masuk ke kota Palu,” ujarnya.

Selama masa buka tutup akses, Hidayat juga mengatakan akan melakukan pemeriksaan barang yang masuk ke kota Palu. Ini dilakukan guna memastikan stok barang bagi warga Kota Palu tersedia dengan baik.

“Selain pemeriksaan kesehatan, Kita juga akan periksa jumlah stok barang. Seperti BBM, LPG, alat-alat kesehatan, agar tidak ada yang menimbun barang di Kota Palu,” lanjutnya.

Hidayat pada kesempatan itu juga tidak hentinya meminta untuk warga seluruh kota Palu, agar tidak panik berlebihan selama adanya pandemic Virus Corona.

“Sekali lagi kami memohon kepada warga kota Palu agar tidak panik berlebihan ketakutannya, karena sudah pasti bisa menyebabkan turunya imunitas,” pungkasnya. (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….