Tutup
Sulawesi Tengah

BPKH Gandeng Rumah Zakat Bangun Rumah Ramah Gempa di Sigi

×

BPKH Gandeng Rumah Zakat Bangun Rumah Ramah Gempa di Sigi

Sebarkan artikel ini

SIGI, Kabar Selebes – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan bantuan kepada penyintas yang berada di Desa Sibalaya, Kabupaten Sigi. Dengan menggandeng Rumah Zakat sebagai mitra, BPKH mendirikan kampung BPKH yang dinamakan Rumah Sehat Ramah Gempa sebanyak 100 unit, dengan fasilitas berupa masjid, klinik, sarana air bersih dan pelatihan.

Pembangunan Kampung BPKH ditandai dengan peletakan batu pertama oleh pihak BPKH, Rumah Zakat serta pemerintah setempat Kamis (24 /10/2019).

Advertising

Menurut Anggota Badan Pelaksana Bidang Investasi BPKH Beny Witjaksono, pemulihan dan rehabilitasi Kota Palu, Sigi dan Donggala merupakan bagian dari amanat undang-undang nomor 34 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji berkewajiban memberikan kemaslahatan dan meningkatkan kesejahteraan umat.

Dengan pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para penyintas yang kehilangan tempat tinggal dan tempat ibadah. Selain itu, layanan kesehatan bagi warga dengan bangunan Klinik, penyediaan air bersih dan toilet bisa mewujudkan warga sehat, tahan terhadap terapkan. Program pelatihan ini diberikan kepada para penyintas bencana Palu yang tinggal di Kampung BPKH.

Sementara itu CEO Rumah Zakat, Nur Efendi mengatakan, sebanyak 100 unit Rumah Sehat akan dibangun oleh BPKH yang menggandeng Rumah Zakat yang peruntukkan kepada 100 kepala keluarga yang terdampak bencana di Desa Sibalaya Utara.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapata juga mengungkapkan bahwa bantuan rumah sehat untuk para penyintas khususnya di Desa Sibalaya ini adalah dari BPKH dan di teruskan kepada Rumah Zakat yang eksekutor untuk pembangun dan Pemerintah hanya menjadi media.

“Untuk penyintas yang berada di Desa Sibalaya yang sebelumnya sudah terdata memiliki rumah rusak berat dan ringan ini akan mendapatkan dana stimulan, akan tetapi adanya bantuan Rumah Sehat ini mereka tidak berhak mendapatkan dana stimulan tersrbut,” ujar Irwan.

Dana stimulan dari 100 kepala keluarga tersebut akan dikembalikan ke Pemerintah Pusat.

Turut hadir pimpinan Majelis Dzikir Nuurul Khairaat Habib Sholeh Al Aydrus atau biasa disapa akrab Habib Rotan.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini….