Tutup
Sulawesi Tengah

Presiden Jokowi Lantik Rusli Dg. Palabbi Menjadi Wagub Sulteng

×

Presiden Jokowi Lantik Rusli Dg. Palabbi Menjadi Wagub Sulteng

Sebarkan artikel ini
Rusli Baco Dg Palabbi resmi dilantik Wakil Gubernur Sulawesi Tengah oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (26/8/2019). - Biro Pers Sekretariat Presiden - Rusman

JAKARTA, Kabar Selebes – Setelah terpilih dalam sidang paripurna panitia pemilihan yang digelar Senin (8/7/2019) di DPRD Sulteng, Rusli Baco Dg. Palabbi akhirnya secara resmi dilantik menjadi wakil gubernur Sulteng.

Rusli Dg. Palabbi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (26/8/2019). Rusli Baco menggantikan Wagub Sudarto yang tutup usia pada Oktober 2016 silam dan akan mendampingi Gubernur Longki Djanggola yang masa jabatannya sampai 2021.

Advertising

Di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Rusli Baco menjalani prosesi pelantikan yang diawali dengan penyerahan petikan surat keputusan presiden oleh Presiden Jokowi kepada Rusli Baco.

Setelah penyerahan surat keputusan tersebut, Rusli Baco bersama Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, dan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo berjalan bersama dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Dalam perjalanan tersebut, sejumlah pasukan kirab lengkap dengan alat musik menjadi bagian dari prosesi pelantikan Wagub Rusli Baco ini.

Sesampainya di Istana Negara, prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 66/p tahun 2019.

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan kemudian menandatangani berita acara pelantikan.

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan seperti dikutip dalam rilis yang dikirimkan Setpres.

Sebagai penutup, Presiden Jokowi serta seluruh tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada politikus Partai Amanat Nasional (PAN) yang baru saja resmi menjabat Wagub Sulteng.

Diketahui, Rusli Baco terpilih berdasarkan pemilihan di DPRD Pemprov Sulteng pada 8 Juli 2019 silam.

Rusli Baco merupakan mantan anggota DPRD Sulteng dengan dua kali masa jabatan yakni 2009-2014 dan 2014-2019.

Dalam perebutan kursi wakil gubernur ini, Rusli Baco mengalahkan Andi Mansur Pasande yang merupakan Ketua DPw Partai Bulan Bintang (PBB).

PAN dan PBB merupakan dua partai pengusung pasangan Longki Djanggola dan Sudarto di Pilgub Sulteng 2015 lalu.(*/Abdee)

Silakan komentar Anda Disini….