Tutup
Sulawesi Tengah

Ingatkan Bahaya Kosmetik Ilegal, BPOM Palu Gelar Kampanye Cerdas

×

Ingatkan Bahaya Kosmetik Ilegal, BPOM Palu Gelar Kampanye Cerdas

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palu menggelar kampanye cerdas menggunakan kosmetik untuk generasi milenial di Kota Palu, Kamis (1/8/2019) siang.

Kampanye yang dikhususkan untuk remaja gadis di Kota Palu itu dihadiri Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan kosmetik BPOM RI, Maya Gustina Andarini. Turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah H Hidayat Lamakarate.

Advertising

Maya Gustina Andarini mengatakan pihaknya sengaja menggandeng remaja putri milenial, karena mereka merupakan pasar terbesar kosmetik melalui promosi digital.

Di mana, menurut survei tahun 2018, produk kosmetik merupakan produk paling populer dalam penjualan online dibawa produk fashion dan gadget.

Maraknya peredaran kosmetik di dunia pasar digital, kata Deputi Maya, berpotensi untuk memberikan informasi menyesatkan terkait produk yang legal.

Hal ini membuat masyarakat, khususnya milenial semakin mudah terkontaminasi mengonsumsi kosmetik yang tidak memenuhi syarat.

Untuk itu, kampanye itu pastinya sangat bermanfaat khususnya untuk edukasi kalangan milenial soal kosmetik.

“Jadi kami sekarang melibatkan masyarakat untuk bisa melindungi dirinya sendiri terhadap kosmetik yang tidak memenuhi syarat, masyarakat disadarkan supaya terhindar dari iklan-iklan yang menyesatkan, hoax endorsmen yang tidak benar,” kata Maya.

Dalam pengawasan BPOM sendiri, pihaknya menemukan kosmetik ilegal senilai Rp128 miliar.

Temuan kosmetik ini paling banyak adalah mercury yang janjinya untuk memutihkan secara instan, namun akibatnya bisa membuat kanker dan terakumulasi di ginjal.

“Kami punya cyber control untuk melihat produk online yang dijual, bekerjasama dengan jasa pengiriman, jasa kurir. Bahkan untuk, masuk distu kami juga rela menjadi pegawai dalam kurur tersebut supaya bisa dideteksi produk-produk yang kira-kira berpotensi ilegal dalam jumlah banyak,” jelas Maya.

Kampanye cerdas menggunakan kosmetik itu jiga menghadirkan istri Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, Adelia Pasha alias Dellia Wihelmina Pasha.

Adelia yang hadir sebagai rol model produk kecantikan, tamlil memberikan sejumlah tips aman dalam memilih kosmetik kecantikan.

Adelia menyarankan kepada remaja putri untuk jadi konsumen cerdas, dengan memperhatikan kandungan dalam kosmetik yang dibeli.

“Kalau tidak ada kandungan zat apa saja dalam kemasannya, apalagi tidak ada izin resmi, maka disarankan lebih hati-hati,” kata Adelia. (IFAL)

Silakan komentar Anda Disini….