Tutup
Pemilu 2024

Muharram Nurdin Lolos ke DPRD Sulteng, Matindas Rumambi Gantikan Rendy Lamadjido ke DPR RI

×

Muharram Nurdin Lolos ke DPRD Sulteng, Matindas Rumambi Gantikan Rendy Lamadjido ke DPR RI

Sebarkan artikel ini
Muharram Nurdin dam Matindas J. Rumambi

PALU, Kabar Selebes – Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Tengah Muharram Nurdin dipastikan melenggang kembali ke gedung DPRD Sulawesi Tengah. Muharram Nurdin yang saat ini masih menjabat wakil ketua DPRD Sulteng dipastikan lolos berdasarkan hasil rekapitulasi DB1 dari KPU Kabupaten Donggala dan KPU Kabupaten Sigi.

Dari rekapitulasi DB1 dari KPU Kabupaten Donggala dan KPU Kabupaten Sigi itu PDI Perjuangan memperoleh 26.106 suara atau berada pada rangking lima dari delapan kursi yang tersedia di dapil Sulteng Enam. Muharram Nurdin berhasil mengumpulkan 8.055 suara dari dua kabupaten yang tergabung dalam dapil Sulteng Enam.

Advertising

Staf sekretariat DPD PDI Perjuangan Indra Setiadi yang dihubungi SuluhMerdeka.com di markas PDI Perjuangan menyebutkan bahwa dari data yang sudah masuk ke sekretariat partai berlambang banteng itu dapat dipastikan PDI Perjuangan berhasil mendapat enam kursi di DPRD Propinsi, sementara di Kabupaten Kota PDI Perjuangan meraih 41 kursi. Kursi terbanyak di raih PDI Perjuangan Banggai sebanyak 10 kursi.

Lebih lanjut Indra menjelaskan bahwa dari segi jumlah kursi, PDI Perjuangan berhasil mempertahankan prestasi tahun 2014, meskipun di beberapa kabupaten mengalami penurunan seperti Kabupaten Sigi turun menjadi tiga kursi tahun 2019 dari 5 kursi tahun 2014.

“Demikian halnya dengan Tolitoli yang turun menjadi dua dari tiga kursi dan yang paling menyedihkan Morowali nol dari 1 kursi tahun 2014,” kata Indra Rabu 8 Mei 2019.

Sementara DPC yang mengalami peningkatan adalah DPC Banggai mendapat 10 kursi dari 6 kursi tahun 2014, Buol menjadi 3 kursi dari 2 kursi tahun 2014.

Untuk kursi DPR RI, PDI Perjuangan tetap mempertahankan satu kursi dengan perolehan suara terbanyak keempat dari tujuh kursi yang tersedia di dapil Sulteng. Matindas J. Rumambi dipastikan lolos ke Senayan menggantikan Rendy Lamadjido yang sudah tiga periode berturut-turut menjadi anggota DPR RI dari PDI Perjuangan dapil Sulteng.(Abdee)

Silakan komentar Anda Disini….