Tutup
Sulawesi Tengah

Gempa Bumi Guncang Ampana 4,4 SR

×

Gempa Bumi Guncang Ampana 4,4 SR

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Gempa bumi berkekuatan 4,4 SR mengguncang Ampana Kabupaten Tojo Unauna dan sekitarnya Kamis, (9/8) pukul 15:53 WITA, di Ampana Kabupaten Tojo Unauna.

Advertising

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu Cahyo Nugroho mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 4.4 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di Teluk Tomini, 28 km arah utara Ampana (Kab. Tojo Unauna) pada koordinat 0.63 LS – 121.52 BT kedalaman 10 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas sesar lokal setempat.

“Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara III MMI di Ampana (Kab. Tojo Unauna), dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar,” kata Nugroho melalui keterangan tertulis dari Stasiun Geofisika Klas I Palu.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (II SIG BMKG / III MMI) di Ampana;

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.(***/ptr)

Grafis lokasi gempa bumi dI Tojo Unauna. (Infografis Stamet Geofisika Palu)

Silakan komentar Anda Disini….