Tutup
Sulawesi Tengah

Kemenkumham Sulteng Rayakan Hari Sumpah Pemuda ke-96 dengan Semangat Maju Bersama Indonesia Jaya

×

Kemenkumham Sulteng Rayakan Hari Sumpah Pemuda ke-96 dengan Semangat Maju Bersama Indonesia Jaya

Sebarkan artikel ini
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-96 dengan penuh semangat. 

PALU, Kabar Selebes – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-96 dengan penuh semangat. 

Acara yang digelar pada Sabtu ini mengusung tema “Maju Bersama Indonesia Jaya”, yang mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa.

Advertising

Acara peringatan dipusatkan di Lapangan Upacara Kanwil dan dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar. Turut hadir dalam acara tersebut para kepala divisi, pejabat administrator dan pengawas, staf, serta pegawai pemerintah non pegawai negeri.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Hermansyah Siregar, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia menyampaikan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah momentum penting untuk merefleksikan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sumpah Pemuda adalah peristiwa di mana para pemuda Indonesia menyatakan tekad untuk bersatu di tengah keragaman demi mewujudkan negara Indonesia,” ujarnya.

Hermansyah menambahkan, nilai-nilai luhur yang diusung oleh generasi Sumpah Pemuda 1928 perlu terus dikumandangkan untuk memperkuat kesadaran dan karakter bangsa Indonesia. 

Dalam menghadapi berbagai perubahan cepat, hal ini penting agar kekuatan bangsa tidak terdegradasi.

Peringatan tahun ini juga bertepatan dengan masa transisi pemerintahan baru, yang diharapkan dapat mengorkestrasi langkah Indonesia menuju target-target pembangunan jangka menengah dan jangka panjang hingga 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas yang ditandai dengan kemajuan dan kesejahteraan yang lebih tinggi, serta peran Indonesia yang lebih kuat di kancah global.

Hermansyah menekankan bahwa momentum ini adalah kesempatan bagi bangsa untuk memberikan perhatian lebih besar terhadap agenda pengembangan kepemudaan, baik sebagai subjek maupun objek pembangunan. 

Ia menekankan bahwa pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai sektor pembangunan nasional, termasuk agenda Sustainable Development Goals (SDGs) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Pemuda adalah aset bangsa yang paling berharga. Mari kita jadikan semangat Sumpah Pemuda sebagai motivasi untuk terus belajar, berkarya, dan berkontribusi bagi bangsa dan negara,” pungkasnya, mengajak seluruh pemuda Sulawesi Tengah untuk menjadi generasi emas yang mampu menghadapi tantangan zaman.***

Silakan komentar Anda Disini….