Tutup
Sulawesi Tengah

Polres Morowali Utara Amankan 3 Pucuk Senjata Api Rakitan dan Ratusan Amunisi

×

Polres Morowali Utara Amankan 3 Pucuk Senjata Api Rakitan dan Ratusan Amunisi

Sebarkan artikel ini
Kepolisian Resor (Polres) Morowali Utara berhasil mengamankan tiga pucuk senjata api rakitan laras panjang dan ratusan amunisi dengan berbagai kaliber yang ditemukan tidak jauh dari pemukiman warga di Kelurahan Bahontula, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara. Penemuan ini diumumkan dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (13/8/2024).

MORUT, Kabar Selebes – Kepolisian Resor (Polres) Morowali Utara berhasil mengamankan tiga pucuk senjata api rakitan laras panjang dan ratusan amunisi dengan berbagai kaliber yang ditemukan tidak jauh dari pemukiman warga di Kelurahan Bahontula, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara. Penemuan ini diumumkan dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (13/8/2024).

Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto, S.I.K., M.H., yang diwakili oleh Kepala Satuan Reserse (Kasat Reskrim) Polres Morowali Utara AKP Arsyad Maaling, S.H., M.H., menjelaskan bahwa senjata yang diamankan terdiri dari tiga pucuk senjata api laras panjang, serta dua laras senjata api yang semuanya dalam kondisi berkarat dan rusak parah. 

Advertising

“Diperkirakan senjata ini sudah bertahun-tahun disimpan dengan melihat kondisinya yang sudah rusak parah dan berkarat,” ungkap AKP Arsyad.

Selain itu, polisi juga mengamankan sekitar 300 butir amunisi dengan berbagai kaliber yang disimpan dalam sebuah termos. Berikut rincian jumlah amunisi yang ditemukan:

– Kaliber 53 mm: 9 butir

– Kaliber 303 mm: 95 butir

– Kaliber 7,9 mm: 15 butir

– Kaliber 19,76 mm: 6 butir

– Kaliber 7,62 mm: 10 butir

– Kaliber 30 mm: 201 butir

– Kaliber 5,5 mm: 24 butir

“Seluruh amunisi ini diduga kuat masih aktif,” terang AKP Arsyad.

Penemuan senjata dan amunisi ini pertama kali dilaporkan oleh dua warga Kelurahan Bahontula, yakni Lk. MA dan Lk. M, yang sedang berada di hutan untuk mencari katak pada 12 Agustus 2024 sekitar pukul 20.00 WITA. Mereka menemukan senjata api rakitan dan amunisi di bawah pohon yang tertutup akar dan semak belukar, dan langsung melaporkannya kepada anggota Polres Morowali Utara.

Saat ini, senjata dan amunisi tersebut sudah diamankan di Polres Morowali Utara untuk penyelidikan lebih lanjut. “Kami akan melakukan pengembangan lebih lanjut di sekitar lokasi penemuan untuk memastikan tidak ada senjata api rakitan lainnya yang belum ditemukan,” ujar AKP Arsyad.

Selain itu, Polres Morowali Utara juga akan menyelidiki asal muasal serta pemilik dari senjata rakitan tersebut. AKP Arsyad mengimbau kepada seluruh warga agar segera melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan senjata api, amunisi, bahan peledak, atau barang berbahaya lainnya.

“Kami berterima kasih kepada warga yang telah memberikan informasi tersebut dan mengimbau kepada seluruh warga untuk segera melaporkan penemuan semacam ini ke kantor polisi terdekat untuk segera ditindaklanjuti,” pungkas AKP Arsyad.

Silakan komentar Anda Disini….