Tutup
Pilihan

Pulo Langala Diresmikan menjadi Destinasi Wisata Baru di Morowali, Bantu Peningkatan Ekonomi Warga Lokal

×

Pulo Langala Diresmikan menjadi Destinasi Wisata Baru di Morowali, Bantu Peningkatan Ekonomi Warga Lokal

Sebarkan artikel ini
Pulo Langala di Morowali menjadi destinasi baru di Sulteng

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Kabupaten Morowali telah meresmikan objek wisata Pulo Langala di Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Sulawesi Tengah.

Langkah ini bertujuan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

Advertising

Mewakili Penjabat Bupati Morowali Rachmansyah Ismail, Sekretaris Daerah Morowali Yusman Mahbub menjelaskan bahwa Pulo Langala, yang mencakup area seluas 10 hektare, diharapkan menjadi destinasi wisata baru bagi warga Bahodopi.

Mayoritas warga di daerah ini adalah karyawan di Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Yusman Mahbub menekankan potensi Pulo Langala sebagai daya tarik wisata yang tidak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga internasional.

Keunikan Pulo Langala adalah latar belakang kawasan industri yang memberikan pemandangan yang berbeda dan menarik.

Kepala Desa Fatufia, Muhamad M Ali, menyebutkan bahwa desa telah mengalokasikan dana sebesar Rp 700 juta untuk pengelolaan Pulo Langala tahun ini, dengan dukungan dana tambahan dari PT IMIP.

Beliau percaya bahwa Pulo Langala bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi Desa Fatufia.

Pihak desa bekerja sama dengan PT IMIP dan komunitas setempat untuk menjaga kebersihan dan fasilitas pulau. Untuk pengembangan lebih lanjut, dana sebesar Rp 2 miliar akan dialokasikan pada tahun depan.

Ainun, seorang warga Desa Fatufia yang berkunjung ke Pulo Langala bersama teman-temannya, mengungkapkan kegembiraannya dengan fasilitas yang disediakan, seperti air bersih, toilet, dan akses jaringan internet 4G.

Jarak yang dekat dengan pemukiman warga dan latar belakang industri menambah daya tarik pulau ini, membuatnya menjadi tempat ideal untuk rekreasi dan “healing”.

Selain Pulo Langala, Morowali memiliki berbagai destinasi wisata lainnya yang menawan. Air Terjun Bente di Desa Bente, Kecamatan Bungku Tengah, menawarkan pemandangan air terjun yang memukau.

Pulau Sombori di Kecamatan Sombori Kepulauan dikenal dengan wisata baharinya, menampilkan gugusan pulau karang yang indah.

Destinasi-destinasi ini menunjukkan bahwa Morowali memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata, yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi lokal.

Dengan peresmian Pulo Langala, diharapkan ekonomi masyarakat sekitar dapat bangkit dan berkembang melalui sektor pariwisata yang berkelanjutan.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Morowali untuk menjadikan daerah ini sebagai destinasi wisata yang dikenal, baik di tingkat nasional maupun internasional.***

Silakan komentar Anda Disini….